Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan tiga medali emas terhadap kontingen Sulsel yang akan bertanding di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Ketua Panitia Pelaksana Peparnas XVI Papua 2021 untuk kontingen Sulsel Muhlis Mallajareng mengatakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, kontingen Sulsel sebelumnya ditargetkan bisa naik peringkat, maka di Peparnas tahun ini mereka diharapkan mampu meraih tiga medali emas dari enam cabang olahraga yang diikuti. 

"Tahun ini, setelah evaluasi, para pelatih optimistis mendapatkan medali. Kita targetkan tiga emas dari cabang yang potensial, yakni atletik dan tenis meja," ujar Muhlis di Makassar, Senin.

Muhlis yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel itu mengatakan pada Peparnas sebelumnya, Sulsel finis di peringkat 20 dengan perolehan satu emas.

"Semoga di Peparnas tahun ini kita bisa lebih baik, dan berharap semua cabang olahraga yang kita ikuti bisa menyumbangkan medali bagi kontingen Sulsel," kata Muhlis.

Baca juga: Sulsel siapkan Rp1,5 miliar dukung atlet di Peparnas XVI Papua 
Baca juga: Sulsel andalkan empat cabang olahraga di Peparnas 


Sebanyak 67 orang, yang terdiri dari 32 orang atlet, pelatih dan ofisial akan diberangkatkan ke Papua pada 3 November untuk menghadiri pembukaan Peparnas XVI Papua pada 5 November mendatang.

Kontingen Sulsel akan mengikuti enam cabang olahraga, yakni renang, atletik, tenis meja, catur dan panahan.

Terkait bonus bagi para atlet yang membawa pulang medali, Muhlis pun berharap nilainya akan sama dengan peraih medali pada PON Papua.

"Kita berharap semua bonusnya sama, karena semua atlet kita ini memiliki semangat yang besar untuk mengharumkan nama Sulsel, apalagi atlet yang akan bertanding di Peparnas tahun ini," ungkap Muhlis.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bonus bagi atlet peraih medali di PON XX Papua yang nilainya dua kali lipat dibandingkan PON XIX Jawa Barat 2016.

Peraih medali emas mendapatkan bonus sebesar Rp200 juta, peraih perak Rp150 juta, sedangkan peraih medali perunggu Rp100 juta. 

Baca juga: Pemprov Sulsel siapkan bonus atlet peraih medali Peparnas 
Baca juga: Kontingen Peparnas Sulsel bertolak ke Papua 3 November 
Baca juga: Sulsel diperkuat 32 atlet hadapi Peparnas di Papua 

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021