Saya menyambut baik kegiatan Kas Keliling Kepulauan 3T Provinsi Papua Barat. Walaupun dalam kondisi pandemi COVID-19, Bank Indonesia konsisten memenuhi kewajibannya untuk selalu menyediakan uang rupiah layak edar hingga kepulauan terluar di Indonesia
Sorong (ANTARA) - TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) III mengerahkan KRI Gulamah-869 untuk mendukung Kas Keliling Bank Indonesia mendistribusikan uang rupiah di kepulauan terdepan, terluar dan terpencil (3T) wilayah Provinsi Papua Barat.

KRI Gulamah-869 dan Tim Kas Keliling Kepulauan 3T Provinsi Papua Barat dengan tema “Ekspedisi Cinta Rupiah Kepulauan Kasuari 2021” dilepas secara resmi oleh Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah di Dermaga Biryosi, Fasharkan TNI AL Manokwari, Selasa.

Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah mengatakan, dalam rangka memelihara kelanjutan perkembangan perekonomian nasional, sangat penting menjaga tersedianya uang rupiah dalam jumlah yang cukup dan dalam nilai pecahan yang sesuai kebutuhan masyarakat utamanya untuk masyarakat di pulau 3T.

Tugas utama KRI Gulamah-869 adalah mengoptimalkan pendistribusian, pengamanan dan pengawalan uang rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau perwakilan Bank Indonesia serta wilayah perbatasan, terdepan, terluar, dan terpencil di Provinsi Papua Barat.

Pangkoarmada III mengapresiasi kegiatan itu karena dari sisi TNI AL mampu memberikan dampak positif dalam upaya memelihara keutuhan dan kedaulatan NKRI melalui pertahanan dan militer. Sedangkan dari sisi Bank Indonesia mampu menjaga kedaulatan ekonomi dan kedaulatan rupiah sebagai salah satu simbol negara.

“Saya menyambut baik kegiatan Kas Keliling Kepulauan 3T Provinsi Papua Barat. Walaupun dalam kondisi pandemi COVID-19, Bank Indonesia konsisten memenuhi kewajibannya untuk selalu menyediakan uang rupiah layak edar hingga kepulauan terluar di Indonesia,” ujarnya.

Kas Keliling Kepulauan 3T merupakan salah satu bentuk sinergi antara Bank Indonesia dengan TNI AL yang telah dilaksanakan sejak 2011 hingga saat ini yang tertuang dalam perjanjian kerja sama.

“Kegiatan Kas Keliling 3T Provinsi Papua Barat merupakan kegiatan Kas Keliling ke-5 yang dilaksanakan pada tahun ini setelah Provinsi Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Sulawesi Utara yang kemudian akan dilanjutkan di Provinsi Maluku pada 14 November 2021 dan Provinsi Sumatera Barat pada 21 November 2021,” ujarnya.

Acara pelepasan KRI Gulamah-869 dan Tim Kas Keliling Kepulauan 3T Provinsi Papua Barat dihadiri Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Tornagogo Sihombing, S.IK., M.Si., Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Kepala Group Departemen Peredaran Uang BI Jakarta Imanuddin Sahabat, Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah, Komandan Lantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani, dan sejumlah pejabat Forkopimda Papua Barat.

Baca juga: BI kembali distribusikan rupiah ke pulau-pulau

Baca juga: BI dibantu TNI distribusikan rupiah baru ke wilayah terdepan


 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021