Kelalaian yang disebabkan faktor manusia (human error) tidak akan terjadi kalau dalam melaksanakan pekerjaannya memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan aspek keselamatan menjadi aspek utama dalam setiap pembangunan infrastruktur di sektor transportasi.

Hal tersebut disampaikan Menhub pada Simulasi Perbaikan Prosedur Standar Operasi/Standard Operating Procedure (SOP) atau Tabletop Exercise SOP pelaksanaan uji coba LRT Jabodebek yang diselenggarakan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, di Jakarta, pada Sabtu. 

“Kelalaian yang disebabkan faktor manusia (human error) tidak akan terjadi kalau dalam melaksanakan pekerjaannya memiliki etos kerja yang mengutamakan keselamatan. Jadi etos kerja yang mengutamakan keselamatan harus dikerjakan. Sekali lagi, harus dikerjakan,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kemenhub sayangkan insiden tabrakan LRT Jabodebek

Menhub mengungkapkan kejadian kecelakaan LRT Jabodebek pada saat melakukan uji coba pada 25 Oktober 2021 lalu menjadi pelajaran yang mahal dan menjadi momentum seluruh unsur terkait untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki tata kerja, baik dari aspek SDM maupun SOP.

Dari aspek SDM, Menhub juga menekankan perlunya semua pihak untuk meningkatkan kualitas SDM dan melakukan evaluasi kembali terkait proses rekrutmen dan pelatihan.

“Kita harus menjaga kepercayaan masyarakat dan juga Presiden Joko Widodo yang telah memberikan kepercayaan kepada kita untuk membangun infrastruktur karya anak bangsa yang menjadi salah satu proyek strategis nasional kebanggaan Indonesia,” jelas Menhub.

Sementara itu Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan pihaknya telah melakukan analisis sementara terkait kejadian kecelakaan LRT Jabodebek pada saat PT INKA melakukan uji coba/commissioning test.

Baca juga: INKA pastikan pengujian LRT Jabodebek tetap berjalan

Selain itu,pihaknya secara pararel bersama KNKT untuk melakukan investigasi mengenai penyebab kecelakaan serta melakukan evaluasi dan peningkatan kembali terhadap pelaksanaan SOP uji coba sarana tersebut sebagai langkah mitigasi resiko ke depan.

Dalam pelaksanaan Table Top Exercise ini dilakukan sejumlah simulasi yakni simulasi evakuasi sarana yang terdampak kecelakaan dan simulasi komunikasi untuk kegiatan pengujian dan langsiran sarana.

Turut hadir pada acara Table Top Exercise SOP LRT Jabodebek Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves Ayodhia G L Kalake, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Dirut PT KAI Didiek Hartantyo, Sesjen Kemenhub Djoko Sasono, Irjen Kemenhub Gede Pasek Suardika, perwakilan Adhi Karya, PT INKA, PT Len Industri, dan sejumlah penjabat terkait lainnya.

Baca juga: INKA: Kecelakaan LRT diduga karena proses lansir terlalu cepat

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021