Penanaman sebanyak 3.000 bibit mangrove merupakan kegiatan dalam rangka melestarikan lingkungan hidup
Medan (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sibolga melaksanakan penanaman 3.000 bibit pohon mangrove di areal buffer zoom Pertamina Jalan Sibolga Baru Kelurahan Pasar Belakang Kota Sibolga, Sumatera Utara, Kamis.

Penanaman ribuan pohon mangrove secara bersama-sama guna melestarikan lingkungan hidup dan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, serta guna mempererat tali silaturahim untuk tetap menjaga situasi kamtibmas khususnya di Kota Sibolga.

Penanaman Pohon Mangrove jenis Rhizofora SP diawali oleh Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja yang dipandu oleh ahli tanaman mangrove Wibi Nugraha.

Baca juga: DLH: Kondisi mangrove di Cilacap makin membaik

Wibi Nugraha menjelaskan tata cara penanaman mangrove. Ia menyebutkan di pesisir Kota Sibolga situasi air laut bergelombang ketinggian 80 cm sampai dengan 1 meter dan berhadapan dengan Samudera Hindia.

Untuk metode tanam dalam kondisi tersebut, tidak dapat ditanam secara langsung tetapi dengan menggunakan media bambu sebagai pelindung setinggi 1 meter (metode pot) dan di dalamnya diisi batu karang, tanah liat serta lumpur kemudian dibungkus.

Baca juga: BRGM percepat rehabilitasi mangrove dukung pemerintah capai target NDC

Selanjutnya masing-masing perwakilan dari instansi dan organisasi melakukan penanaman bibit pohon mangrove yang telah disediakan di media pot.

Penanaman sebanyak 3.000 bibit mangrove merupakan kegiatan dalam rangka melestarikan lingkungan hidup di pesisir pantai Sibolga untuk mencegah terjadinya abrasi akibat ombak laut, serta pelestarian lingkungan hidup dan memperingati Hari Ozon Sedunia.

Baca juga: Dua kebun raya mangrove Surabaya serap ribuan ton emisi karbon

Sebelum penanaman mangrove dilaksanakan, Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja memberikan tali asih berupa sembako kepada 25 orang warga lansia yang telah mengikuti vaksinasi.

Selain itu memberikan penghargaan kepada tokoh agama, tokoh pemuda dan ormas yang telah berperan aktif menanam pohon mangrove sebanyak 2.076 dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-76 pada tanggal 17 Agustus 2021.

Baca juga: BRGM merehabilitasi 1.500 hektare hutan mangrove di Papua Barat

Baca juga: Gubernur dan Forkopimda Kaltara tanam ribuan bibit bakau di Bulungan




 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021