Ya, corsec merupakan bagian dari karyawan yang paling tahu tentang 'isi dapur' perusahaan
Jakarta (ANTARA) - Peran sekretaris perusahaan kian penting dan strategis di tengah krisis akibat pandemi COVID-19, terutama bagi perusahaan publik (tbk), guna merespons dan memberi jawaban, baik ke internal maupun publik, atas beragam tantangan yang dihadapi perusahaan.

"Peran corporate secretary (sekretaris perusahaan) itu itu sangat krusial dalam perusahaan yang akan menentukan keberlangsungan dan bahkan suksesnya jalan suatu organisasi," kata Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari Dewi pada webinar Majalah SWA dan Swanetwork bertajuk "The Rising Power of Corporate Secretary: Building Corporate Reputation and Stakeholders Trust in the Challenging Years" di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, lanjut dia, jangan asal-asalan memilih sekretaris perusahaan (sekper).

Menurut dia, seorang sekper harus memiliki kemampuan organisasi yang kuat, berorientasi pada detail, memiliki kemampuan komunikasi, multitasking, problem solver, dan mampu memegang rahasia.

"Selain itu harus punya egilitity (kelincahan) dan di saat seperti ini mampu beradaptasi," ujar mantan Sekper Bursa Efek Indonesia (BEI) itu.

Baca juga: Ini alasan ICSA dorong standarisasi profesi sekretaris perusahaan

Sekper PT Astra Graphia Tbk Melinda Pudjo yang aktif di Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) mengatakan perlu ada standar sekper mengingat tugasnya yang penting, strategis, dan tidak mudah.

Apalagi di era digital saat ini, kata dia, seorang sekper harus mengikuti perkembangan akselarasi digitalisasi, mampu melakukan komunikasi di semua saluran, termasuk sosial media.

Pentingnya peran sekper, menurut Mahendra Vijaya selaku Corporate Secretary PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), menyebabkan sekper WIKA berada langsung di bawah direktur utama.

Pada webinar tersebut juga hadir pembicara lainnya yaitu Sekper PT Pegadaian (Persero) R. Swasono Amoeng Widodo, Legal Head & Corporate Secretray PT Prodia Widyahusada Tbk Marina Eka Amalia, dan Sekper PT Peti Kemas Koja Safuan.

Group Chief Editor SWA, Kemal Effendi Gani, bahkan menyebut sekper merupakan gerbang atau pintu utama yang mewakili perusahaan keluar atau ke dalam.

"Corsec (sekper) adalah orang pertama di luar direksi yang tahu semua hal tentang perusahaan karena ia ikut serta dalam rapat-rapat direksi. Ya, corsec merupakan bagian dari karyawan yang paling tahu tentang 'isi dapur' perusahaan," katanya.

Baca juga: Sekretaris perusahaan adalah duta korporasi

Oleh karena itulah, sekper menjadi penting dalam menjaga dan mengembangkan reputasi perusahaan serta kepercayaan para pemangku kepentingan.

Pada penghargaan kali ini SWA memilih 10 perusahaan pemenang Corporate Secretary Champion 2021 yaitu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Astra Graphia Tbk, PT Bank Mega Tbk, PT Prodia Widyahusada Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT lndocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Dapur Awan Yumindo (Yummy Corp) dan TPK Koja.

Elvyn G. Massasya selaku dewan juri menambahkan ada lima peran sekper perusahaan publik yaitu peran di investor relation, government relation, corporate relation, corporate social responsibility, dan managing crisis.

"Akan tetapi di perusahaan nonpublik, khususnya di aspek investor relation dan good corporate governance masih perlu dioptimalkan,” ujar mantan Dirut Pelindo II itu.

Baca juga: Para pebisnis tangguh RI ungkap kearifan bertahan di tengah pandemi
Baca juga: Praktisi: Peran HR kian penting di tengah percepatan bisnis masa depan

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021