WINNER dorong riset dan inovasi capai tujuan pembangunan berkelanjutan

WINNER dorong riset dan inovasi capai tujuan pembangunan berkelanjutan

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko berbicara dalam Pekan Pendidikan dan Riset Indonesia-Belanda atau Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2021. (ANTARA/HO-BRIN)

Jakarta (ANTARA) - Pekan Pendidikan dan Riset Indonesia-Belanda atau Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2021 mendorong riset dan inovasi untuk mengakselerasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

"WINNER 2021 dapat menjadi platform untuk mengakselerasi luaran kolaborasi antara Indonesia dan Belanda sehingga dapat tercipta kerja sama yang lebih konkret khususnya dalam edukasi dan riset," kata Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

WINNER 2021 mengangkat tema Innovation for Sustainable Development Goals: Education and Research Collaboration Towards the Future, yang diselenggarakan pada 26-28 Oktober 2021 secara tatap muka dan virtual (hybrid) di Erasmus Huis.

WINNER 2021 dibuka secara resmi oleh Duta Besar Kerajaan Belanda yang diwakili oleh Charge D’Affaires Ad Interim Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Ardi Stoios-Braken.

Baca juga: BRIN umumkan sejumlah pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja dan NYIA

Kemudian, Kepala BRIN, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Makariem dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Sains Belanda Ingrid van Engelshoven memberikan sambutan dalam acara itu.

Selain bidang riset, pada kesempatan itu, Menteri Nadiem Makariem optimistis terciptanya peluang kolaborasi dengan Belanda dalam bidang pendidikan salah satunya melalui Program Merdeka Belajar.

Menyambut baik peluang kolaborasi antara Indonesia dengan Belanda, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Sains Belanda Ingrid van Engelshoven menekankan kerja sama sains dan pendidikan sangat diperlukan saat pandemi.

Ia menuturkan melalui WINNER, Indonesia dan Belanda dapat mencari solusi bersama untuk menghadapi tantangan global seperti isu-isu perubahan iklim, biodiversitas dan kesehatan publik.

WINNER pertama kali diselenggarakan pada 2020 atas inisiatif Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Jakarta, Nuffic Neso Indonesia, Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), The Royal Netherlands Academy of Arts and Sciences (KNAW), dan The Dutch Research Council (NWO).

Mulai 2021, penyelenggaraan WINNER berada di bawah koordinasi BRIN dengan mitra Belanda yang sama.

WINNER merupakan platform bagi peneliti, akademisi, pembuat kebijakan, pengusaha, lembaga swadaya masyarakat hingga swasta untuk mempromosikan penelitian, menciptakan kolaborasi dalam bidang riset dan pendidikan, membangun kemitraan swasta, living labs serta mengidentifikasi peluang prioritas kerja sama antar dua negara.

Baca juga: Kuasai iptek dan hasilkan inovasi bawa Indonesia maju
Baca juga: BRIN targetkan peluncuran satelit Lapan A-4 pada 2022
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021