Mengingatkan potensi bencana alam akibat tingginya curah hujan pada akhir 2021 dan awal 2022.
Jakarta (ANTARA) -
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan adanya potensi bencana alam akibat tingginya curah hujan pada akhir 2021 dan awal 2022.
 
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kondisi curah, hujan diprakirakan terjadi mulai November,  Desember 2021, dan berlanjut pada Januari dan Februari 2022.
 
Dwikorita dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu, mengatakan, wilayah Indonesia adalah kompleks, dan kondisi cuaca dipengaruhi interaksi benua Asia dan Australia sehingga perubahan cuaca di luar siklus bisa terjadi seketika dan mendadak.
 
"Artinya perkiraan itu bisa tiba-tiba berubah, karena ada sesuatu yang tiba-tiba berubah di tempat lain," kata Dwikorita dalam pelatihan kebencanaan bertema "La Nina, Fenomena dan Dampaknya", yang digelar DPP PDI Perjuangan, Rabu.
 
Dwikorita mencontohkan kejadian banjir Jabodetabek pada Januari 2020 itu sebetulnya sudah terdeteksi seminggu sebelumnya. Namun kemudian intensitas hujan melampaui apa yang diperkirakan.
 
Mantan Dekan di UGM ini pun menegaskan bahwa pesan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tentang anomali suhu air laut adalah fakta yang terjadi.
 
Sebab BMKG telah melakukan monitoring satelit permukaan air laut di Pasifik saat ini lebih dingin dari normalnya.
 
Sebaliknya, suhu permukaan air laut di kepulauan Indonesia lebih hangat dari biasanya. Ini menyebabkan tekanan udara di wilayah Pasifik lebih tinggi, dan Indonesia lebih rendah tekanan udaranya.

"Curah hujan yang harusnya turun dicicil dalam satu bulan, tapi karena pengaruh fenomena regional dan seruak udara, akhirnya volume curah hujan yang mestinya sebulan bisa turun dalam 24 jam," kata Dwikorita.
 
Oleh karena itu, kata dia, sangat penting memahami bahwa bencana itu terjadi karena lingkungan.
 
"Bagaimana tidak banjir kalau semua penuh dengan aspal dan beton, pohon-pohon ditebang, sehingga peresapan air yang seketika itu menjadi terhambat. Inilah yang mengakibatkan bencana apabila hujan lebat dalam beberapa jam, dan lingkungan tidak bisa seketika meresap karena kerusakan alam. Maka penghijauan menjaga kelestarian lingkungan sangat-sangat tepat untuk mengurangi risiko ketidakmampuan lingkungan untuk segera meresapkan air yang datang seketika," katanya ;pula.
 
Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Henri Alfiandi mengatakan bahwa potensi SAR adalah yang utama untuk bisa mencapai target quick response.
 
Dalam pidato Presiden Jokowi saat HUT RI 17 Agustus, kecepatan respons ini perlu ditambah, sehingga Basarnas harus lebih bekerja sama dengan para potensi SAR.
 
Dalam hal inilah, Henri merasakan bahwa keberadaan Baguna PDIP sangat membantu dalam penanganan bencana di daerah daerah.
 
"Selama ini kami mengandalkan TNI Polri, kami yakin PDIP dengan Baguna punya rantai komando yang sangat cepat dan mudah bagi Basarnas meminta bantuan atau menggerakkan. Ini menjadi sinergi yang baik," ujarnya.

Henri juga meminta agar call center 115 diperkenalkan kepada masyarakat secara lebih luas, karena dirinya merasa masyarakat belum familiar dengan call center 115.
 
Padahal, ujar dia, hal itu inti dari mulai bergeraknya Basarnas memberikan pertolongan, melakukan olah data, serta melakukan gerak memberikan berikan pertolongan.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021