Platform ini juga akan memiliki fleksibilitas untuk menyebarkan dana-dana ke peluang yang mungkin berada di luar area fokus inti Temasek,...
Singapura (ANTARA) - Perusahaan investasi milik pemerintah Singapura, Temasek Holdings telah menyiapkan sarana investasi baru yang awalnya menargetkan perusahaan lokal senilai 1 miliar dolar AS hingga 5 miliar dolar AS, ketika Singapura berupaya meningkatkan investasi di perusahaan yang tumbuh cepat.

Dengan 4,5 miliar dolar Singapura (6,1 miliar dolar AS) dana yang dikelola, 65 Equity Partners akan melakukan investasi ekuitas di perusahaan mapan dengan aspirasi regional atau global, kedua perusahaan mengatakan dalam pernyataan bersama pada Rabu.

“Platform ini juga akan memiliki fleksibilitas untuk menyebarkan dana-dana ke peluang yang mungkin berada di luar area fokus inti Temasek, seperti situasi take-private atau restrukturisasi bisnis keluarga,” kata Lee Theng Kiat, ketua Temasek International, unit manajemen dan investasi yang dimiliki sepenuhnya oleh Temasek Holdings.

Baca juga: HSBC dan Temasek dirikan platform pembiayaan utang untuk infrastruktur

65 Equity Partners, platform investasi Temasek Holdings yang dikelola secara independen dan dimiliki sepenuhnya, akan menargetkan ukuran kesepakatan antara 100 juta dolar AS dan 200 juta dolar AS, dan melakukan ekspansi di Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Serikat setelah fase awal.

Perusahaan akan berinvestasi di seluruh industri seperti logistik, teknologi, perawatan kesehatan, konsumen, industri dan layanan bisnis.

Unit baru saat ini mengelola dana bersama 1 miliar dolar Singapura dengan pemerintah Singapura untuk mengembangkan perusahaan regional, dan dana investasi bersama 1,5 miliar dolar AS dengan pemerintah untuk menyediakan pembiayaan swasta tahap akhir untuk penawaran umum perdana di Bursa Singapura.

Di peringkat di antara investor terbesar di dunia, Temasek Holdings adalah perusahaan jangkar Asia dan merupakan investor utama di perusahaan-perusahaan termasuk Singapore Airlines, DBS Group dan Keppel Corp.

Temasek Holdings juga memiliki dana-dana yang menawarkan modal ventura untuk memulai dan berinvestasi di usaha kecil dan menengah.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021