Pemkab Ciamis beri uang "kadeudeuh" bagi peraih medali PON Papua

Pemkab Ciamis beri uang

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyerahkan simbolis uang "kadeudeuh" bagi atlet yang berprestasi pada PON XX Papua di aula Sekretariat Pemkab Ciamis, Selasa (26/10/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Ciamis)

Ciamis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, Jawa Barat memberikan uang "kadeudeuh" mulai Rp5 juta sampai Rp45,5 juta bagi atlet yang meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua sebagai bentuk penghargaan karena telah menunjukkan prestasi.

"Sungguh ini merupakan prestasi yang luar biasa dan tidak mudah meraihnya, tentu para atlet harus berlatih secara terprogram, terencana, dan terukur," kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Aula Sekretariat Pemkab Ciamis, Selasa.

Ia menuturkan kontingen dari Kabupaten Ciamis berhasil menyumbang 10 medali emas, 7 perak, dan 6 perunggu, sehingga total semuanya sebanyak 23 medali.

Baca juga: Mahfud minta sukses pengamanan PON XX dilanjutkan di Peparnas Papua
Baca juga: Muzani berikan penghargaan pada atlet Lampung berprestasi di PON Papua


Bupati mengaku bahagia dengan raihan prestasi dari atlet asal Kabupaten Ciamis sehingga membuat semua bangga bagi warga Ciamis maupun Provinsi Jawa Barat.

Meski sudah meraih prestasi, kata Bupati, seluruh atlet agar tidak berpuas diri, tetapi harus terus menunjukkan prestasi di ajang lain yang lebih tinggi atau tingkat internasional.

"Saya berpesan agar teman-teman atlet tidak cepat berpuas diri dan harus mempunyai target di event yang lebih tinggi, kemarin event tingkat nasional, besok tingkat internasional," katanya menambahkan.

Ia menyampaikan Pemkab Ciamis akan berupaya mendukung sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan latihan para atlet di Ciamis, salah satunya membangun stadion.

"Pemkab akan selalu mendukung baik sarana maupun prasarananya bagi para atlet, salah satunya kita akan selesaikan stadion atlet di tahun ini," kata Herdiat menegaskan.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Ciamis Yasmin Sambas mengaku bangga karena banyak atlet berhasil memberikan yang terbaik sehingga Provinsi Jabar berhasil mempertahankan juara umum PON.

Capaian prestasi itu, kata dia, tidak lepas dari peran Pemkab Ciamis yang memberikan dukungan kepada para atlet, termasuk saat ini memberikan uang "kadeudeuh".

"Sebuah kebanggaan bagi kita kabupaten Ciamis yang telah berhasil menyumbangkan 10 medali emas," katanya.

Baca juga: Bupati Purwakarta sambut atlet PON dan lepas atlet Peparnas
Baca juga: Airlangga sebut tak ada lonjakan kasus COVID-19 akibat PON Papua

 
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021