Live di Tiktok, Cak Imin ajak anak muda bercita-cita jadi anggota DPR

Live di Tiktok, Cak Imin ajak anak muda bercita-cita jadi anggota DPR

Cak Imin saat siaran langsung melalui aplikasi TikTok dengan influencer Benjamin Adhisurya atau yang dikenal dengan nama Iben oleh TikTokers. Perbincangan soal potensi anak muda tersebut disiarkan langsung di akun TikTok Iben, Senin (25/10/2021). ANTARA/HO-DPR RI/am.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengajak anak muda bercita-cita menjadi anggota dewan, tidak hanya sekedar menjadi dokter, pilot atau profesi konvensional lainnya.

"Jangan ragu, jangan takut (menjadi anggota DPR) untuk menjadikan cita-cita, karena jadi anggota DPR ini jalan tol," ucap Gus Muhaimin sapaan akrabnya melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Cak Imin saat siaran langsung melalui aplikasi TikTok dengan influencer Benjamin Adhisurya atau yang dikenal dengan nama Iben oleh TikTokers. Perbincangan soal potensi anak muda tersebut disiarkan langsung di akun TikTok Iben, Senin.

Ia menjelaskan "jalan tol" yang dimaksud adalah bagaimana anak muda bisa membawa perubahan bangsa ke arah yang lebih baik. Sebab, kata Gus Muhaimin, anak muda bisa banyak memperjuangkan kepentingan masyarakat jika menjadi anggota dewan.

"Yakin saja kalau mau jadi anggota DPR. Kayak Iben ini sudah punya modal karena 'followers'-nya banyak karena syarat jadi anggota DPR itu populer, dikenal, dan dipilih," kata Gus Muhaimin.

Saat siaran langsung melalui TikTok itu, Iben pun bertanya soal syarat khusus dan latar belakang pendidikan untuk menjadi anggota DPR. Menurut Gus Muhaimin, apapun latar belakang pendidikannya selama minimal S1, anak muda bisa mencalonkan diri sebagai anggota DPR.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan menjadi anggota DPR akan membuat anak muda lebih produktif, termasuk dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat.

"Mumpung masih muda jangan menyesal tidak banyak berbuat baik, tidak banyak bermanfaat untuk orang lain, untuk rakyat, dan untuk masyarakat. Menteri-menteri itu harusnya orang muda semua. Kalau orang muda itu energik, cepat. Anggota DPR kalau bisa ganti yang muda semua supaya semangat tinggi, kerja 24 jam dan siap. Kita optimis karena anak muda energi besar, kekuatan untuk bekerja waktu lebih panjang," ujarnya.

Iben lantas bertanya bagaimana cara anak muda menyalurkan aspirasinya melalui DPR karena selama ini banyak anak muda yang hanya mengeluhkan berbagai persoalan lewat media sosial saja.

Gus Muhaimin menjelaskan ada banyak jalur yang bisa digunakan anak muda untuk menyampaikan aspirasi dari menyampaikan langsung ke anggota DPR hingga secara resmi lewat lembaga.

"Setiap anggota punya email yang disediakan oleh kantor untuk menampung aspirasi. Yang kedua bisa datang, sangat mudah di sini. Daftar, datang, bertemu menyampaikan apa yang menjadi tuntutannya, aspirasinya. Baik beberapa orang maupun kelompok, lebih bagus lagi diorganisir," ucap Gus Muhaimin.

"Boleh ya datang ke DPR?" timpal Iben.

"Ya boleh. Mudah kok datang ke sini bisa juga lewat surat tetapi surat sudah tidak zaman, sekarang email, bisa juga WA (WhatsApp). Kalau sistem sekarang bisa lewat video juga. Jadi, sampaikan masalah-masalah di masyarakat, tuntutan di masyarakat. Nanti kami cek, penyelesaiannya seperti apa," jawab Gus Muhaimin.
Pewarta : Benardy Ferdiansyah
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021