Jakarta (ANTARA) - Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta Selatan dikunjungi sebanyak 4.901 orang wisatawan pada hari perdana pembukaan kembali untuk masyarakat umum, Sabtu, pada penyesuaian PPKM level dua di DKI Jakarta.

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan TMR, Wahyudi Bambang, di Jakarta, Sabtu, mengatakan, berdasarkan data mengunjung yang tercatat secara online hingga pukul 14.30 WIB ada sebanyak 4.901 wisatawan.

Menurut Wahyudi Bambang, jumlah itu masih jauh dari total pendaftar daring pada sehari sebelumnya, yakni mencapai 8.000 orang. Sedangkan, jumlah kendaraan yang tercatat oleh petugas TMR masuki lokasi tersebut adalah, 885 kendaraan dua, 190 sepeda, dan 389 kendaraan roda empat, serta 1.095 kunjungan ke pusat primata Schmutzer.​​​​​​

TMR dibuka untuk umum pada Sabtu hari ini mulai pukul 17.00 WIB hingga 14.30 WIB dengan kapasitas pengunjung maksimal 25 persen atau sekitar 15.000 orang. Operasional TMR selanjutnya, pada selama enam hari dalam sepekan, kecuali hari Senin libur.

Pengelola mewajibkan wisatawan yang ingin berkunjung untuk mendaftar secara online satu hari sebelum kunjungan. Pengunjung dapat mendaftar melalui link bit.lyPesantiketTMR.

Baca juga: Warga DKI antusias bisa kembali kunjungi Taman Margasatwa Ragunan

Pengunjung yang dizinkan masuk hanya warga ber-KTP DKI Jakarta dan sudah divaksin minial dosis pertama. Petugas akan mengecek syarat tersebut melalui scan kode batang PeduliLindung di setiap pintu masuk Ragunan.

"Tidak ada batasan usia, anak di bawah dua belas tahun wajib pendampingan orang tua,” katanya.

Pengelola TMR bekerja sama dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan juga menerapkan aturan ganjil-genap bagi kendaraan roda empat yang akan memasuki TMR setiap Jumat pukul 12.00-18.00 WIB, Sabtu dan Minggu pukul 07.00 WIB-14.30 WIB.

Salah seorang pengunjung TMR, Wanto mengatakan, dirinya mengunjungi TMR bersama keluarga. "Kami merasa gembira karena bisa berkunjung bersama  anak-anak di bawah usia 12 tahun," katanya.

Warga Kemayoran Jakarta Pusat ini menyatakan, memborong 11 tiket sekaligus untuk keluarga besarnya pada hari pertama pendaftaran online untuk pengunjung.

"Sudah hampir dua tahun di rumah terus saat pandemi. Kita tidak bisa kemana-mana, tidak ada hiburan. Begitu tahu informasi Ragunan dibuka, saya langsung mendaftar dan membeli 11 tiket untuk anak-anak dan yang lain," katanya.

Baca juga: Hari pertama dibuka, ribuan pengunjung padati Ragunan
Baca juga: Kendaraan tak sesuai aturan ganjil-genap di Ragunan diputar balik

 

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021