Pariaman (ANTARA) - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Pariaman, Sumatera Barat, menemukan 125 paket ganja kering di kamar warga binaan saat razia.

Sebanyak 125 paket ganja kering tersebut terdiri atas 124 paket ukuran kecil yang dibungkus dengan kertas koran, dan satu lagi ukuran sedang yang disimpan di dalam kaleng rokok.

"Kemarin petugas mendapatkan informasi bahwa ada narapidana yang pakai ganja. Kami lantas melakukan razia di Blok Kamar 5 E, kemudian menemukan ganja kering dalam kotak rokok," kata Kepala Lapas Kelas IIB Pariaman Eddy Junaedi di Pariaman, Jumat.

Karena pihaknya belum puas dengan hasil tersebut, petugas pada Jumat pagi menggeledah kembali kamar lainnya. Ditemukan ganja kering yang dipadatkan di dalam kaleng rokok.

Setidaknya dua napi dan seorang tahanan terlibat kepemilikan barang haram itu, yakni RA (36), QK (28), dan YY (25), ketiganya warga Padang Pariaman.

Saat diinterogasi terduga pemilik ganja itu berinisial RA. Diakui RA bahwa barang haram itu miliknya yang didapatkan dari QK.

Sementara itu, YY bertugas ambil barang haram yang dilempar dari balik pagar itu oleh seseorang sekitar 4 hari yang lalu pada pukul 04.15 WIB.

Penemuan tersebut dilaporkan oleh pihak lapas ke Polres Kota Pariaman untuk tindakan hukum selanjutnya.

Sementara itu, Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana melalui Kasubag Humas Polres Pariaman AKP Syafruddin mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan laporan adanya penemuan ganja di Lapas tersebut sekitar pukul 11.30 WIB.

"Setelah itu, Kasat Resnarkoba menghubungi KBO dan anggota Opsnal Resnarkoba untuk merapat ke Lapas Pariaman," katanya.

Setelah koordinasi, lanjut dia, para pelaku dan barang bukti dibawa dan diamankan ke Mapolres Pariaman untuk pengusutan lebih lanjut.

Baca juga: Kapolda Metro jadikan Kampung Tangguh Jaya untuk memutus narkoba

Baca juga: Polres Jakbar musnahkan 299 kg ganja dari hasil tangkapan dua bulan

Pewarta: Altas Maulana
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021