Mereka mewakili Indonesia di kejuaraan dunia di Uzbekistan
Banda Aceh (ANTARA) - Dua lifter peraih medali emas PON XX Provinsi Papua asal Aceh mewakili Indonesia di kejuaraan dunia angkat besi di Uzbekistan, awal Desember mendatang.

Ketua Harian KONI Aceh H Kamaruddin Abu Bakar di Banda Aceh, Kamis, secara resmi melepas keberangkatan lifter putri Nurul Akmal dan lifter putra M Zul Ilmi ke Jakarta mengikuti pemusatan latihan nasional.

"Keduanya atlet angkat besi Aceh, peraih medali emas PON XX 2021 Papua. Mereka mewakili Indonesia di kejuaraan dunia di Uzbekistan," kata H Kamaruddin Abu Bakar.

Baca juga: Lifter Nurul Akmal persembahkan medali emas untuk masyarakat Aceh

Kedua atlet angkat besi tersebut sempat menjalani istirahat selama sepekan di kampung halaman mereka. Nurul Akmal berasal dari Kabupaten Aceh Utara dan M Zul Ilmi dari Kabupaten Aceh Besar.

Pada kejuaraan tersebut, Nurul Akmal akan turun di kelas 87+ kg, dan M Zul Ilmi kelas 96 kg. Selain kejuaraan dunia di Uzbekistas, keduanya juga dipersiapkan untuk SEA Games Vietnam 2021.

H Kamaruddin Abu Bakar yang akrab disapa Abu Razak mengatakan selama ini kedua atlet angkat besi tersebut telah mengharumkan nama Aceh, baik di level nasional maupun internasional. Keduanya diminta fokus mengikuti pelatnas di Jakarta.

Baca juga: Lifter Zul Ilmi sumbang emas untuk Aceh

“Di Papua kalian telah membuat torehan sejarah. Terima kasih atas capaian medali emas yang kalian persembahkan untuk Aceh di PON Papua. Tetap fokus meraih prestasi lebih tinggi. Dan jangan pernah lupakan Aceh,” kata Abu Razak.

Ketua Umum Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Aceh HT Rayuan Sukma mengatakan kejuaraan dunia di Uzbekistan merupakan rangkaian babak prakualifikasi menuju Olimpiade Paris pada 2024.

"Ini merupakan yang kedua kalinya mereka ke Uzbekistan. Sebelumnya dalam rangka kejuaraan tingkat Asia," kata T Rayuan didampingi pelatih angkat besi Aceh Effendi Eria.

Baca juga: Rekor baru Nurul Akmal diganjar emas PON Papua

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021