Festival Pangan Lokal gugah masyarakat kenyang tidak harus nasi

Festival Pangan Lokal gugah masyarakat kenyang tidak harus nasi

Kepala Dinas Pengan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana (kiri) mendampingi Gubernur Kaltim dan Ketua/Wakil Ketua TP PKK Kaltim meninjau Gerai Pangan Lokal saat pembukaan Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Kaltim 2021. (ANTARA/Arif Maulana)

Samarinda (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltim Norbaiti Isran Noor menaruh harapan pada pelaksanaan kegiatan tahunan Festival Pangan Lokal tingkat Provinsi Kaltim untuk menggugah masyarakat bahwa kenyang tidak harus makan nasi.

“Makanan pembuat kenyang itu tidak hanya nasi, sayur, dan ikan. Gantilah dengan sumber pangan lain seperti singkong, pisang, jagung dan lainnya lalu diolah menjadi aneka makanan,” ujar Norbaiti saat menghadiri Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Kaltim 2021, di Aula Gedung Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Samarinda, Kamis.

Dikatakannya, sebagai penunjang, UMKM maupun perorangan harus kreatif mengolah produk agar jadi unggulan.

Melalui festival ini diharapkan aneka jenis produk makanan lokal yang dapat diolah dan dikonsumsi untuk menggantikan nasi.

Baca juga: Mahasiswa UMM kampanyekan umbi porang gantikan nasi

Baca juga: Wali Kota Batam antar makanan sebagai pengganti open house


Ketua TP-PKK juga mengaku sudah membiasakan anggotanya untuk tidak menyuguhkan hidangan makan nasi pada beberapa agenda kegiatan.

Bahkan dia terus mengajak PKK kabupaten, hingga tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa untuk menggalakkan jargon "Kenyang tidak harus nasi".

Membiasakan mengkonsumsi selain nasi minimal sebulan sekali di lingkungan keluarga masing-masing, beralih kebiasaan mengkonsumsi nasi diharap mengurangi gula darah.

“Kenyang tidak harus nasi itu baik untuk kesehatan dan bagi yang ingin diet. Kadar gula pada singkong lebih sedikit ketimbang nasi,” tuturnya.*

Baca juga: Pemkot Madiun ajak masyarakat kurangi konsumsi beras

Baca juga: Dede Yusuf cicipi dendeng kulit singkong
Pewarta : Gunawan Wibisono/Arif Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021