Tokyo (ANTARA) - Pemerintah Metropolitan Tokyo bermaksud untuk melonggarkan pembatasan COVID-19 di bar dan restoran pekan depan saat kasus infeksi terus menurun, seperti dilaporkan media berita Jiji pada Rabu.

Pelonggaran itu akan diumumkan pada Kamis dan akan berlaku untuk tempat-tempat usaha yang disertifikasi sebagai bisnis yang mengikuti langkah-langkah pencegahan COVID-19, menurut laporan Jiji yang mengutip beberapa sumber.

Namun, perwakilan pemerintah Tokyo tidak segera menanggapi permintaan komentar yang disampaikan oleh Reuters.

Tokyo dan sebagian besar wilayah di Jepang mencabut tindakan darurat COVID-19 pada 1 Oktober yang telah berlaku selama hampir enam bulan.

Baca juga: Jepang akan perpanjang keadaan darurat di wilayah Tokyo

Walaupun demikian, restoran dan bar di ibu kota Tokyo telah diminta untuk menghentikan penjualan alkohol pada pukul 08.00 malam dan tutup pukul 09.00 malam.

Kasus baru harian COVID-19 di Tokyo turun menjadi 29 pada Senin, yakni angka terendah sejak Juni 2020.

Kasus infeksi virus corona telah turun secara dramatis dari gelombang yang mencapai lebih dari 5.000 kasus dalam sehari pada Agustus, yang menghantam infrastruktur layanan medis Tokyo.

Sekitar 67 persen dari populasi Jepang sekarang telah divaksin lengkap, dan pemerintah Jepang berencana untuk meluncurkan suntikan vaksin penguat (booster) pada musim dingin ini.

Pada saat yang sama, pihak berwenang Jepang berencana untuk menggunakan kombinasi sertifikat vaksinasi dan tes COVID-19 untuk lebih memudahkan langkah pembatasan dan membuka kembali perekonomian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Tokyo Comic Con 2021 resmi dibatalkan karena COVID-19
Baca juga: Osaka gunakan tempat tidur kardus Olimpiade untuk pasien COVID-19

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021