Kemarin, dampak PON Papua hingga komitmen Mendag G20 pulihkan ekonomi

Kemarin, dampak PON Papua hingga komitmen Mendag G20 pulihkan ekonomi

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kiri) pada pertemuan ‘G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting (TIMM), di Sorrento, Italia, Selasa (12/10/2021) . ANTARA/HO-Biro Humas Kemendag/am.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai informasi ekonomi dari Kantor Berita ANTARA yang disiarkan pada Minggu (17/10) menarik perhatian pembaca seperti dampak PON XX Papua terhadap transportasi dan pariwisata Papua, hingga Menteri Perdagangan (Mendag) negara-negara anggota G20 yang berkomitmen untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19 sesuai kesepakatan di Sorrento, Italia.

Indef : PON berdampak positif bagi transportasi dan pariwisata di Papua

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Andry Satrio Nugroho menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX berdampak positif bagi sektor transportasi dan pariwisata di Papua.

"Pasti ada dampaknya, terutama kalau kita bicara lokasinya di Papua. Pastinya dampak yang paling besar adalah akomodasi, transportasi, makanan dan minuman, serta tidak ketinggalan pariwisata," kata Andry dihubungi di Jakarta, Minggu.

Baca di sini


Menparekraf : Toilet di destinasi wisata harus penuhi standar nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan toilet di destinasi wisata harus memiliki desain dan fasilitas yang baik, agar memenuhi standar toilet nasional sehingga dapat meningkatkan citra destinasi wisata berkualitas dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Hari ini saya sangat bahagia dan tersentuh karena program kita yang sudah dijalankan dari awal tahun, dengan bantuan Satgas Toilet Indonesia yang membantu pemerintah dengan inisiatif sendiri dengan kemitraan bersama dunia usaha, kata Menparekraf ketika meresmikan toilet wisata di Lembah Indah, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sebagaimana tertulis dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca di sini

PLN : Konsumsi listrik capai 187,78 TWH naik 4,42 persen

PT PLN (Persero) mencatat konsumsi listrik mencapai 187,78 terawatt jam (TWh) atau naik 4,42 persen pada Januari-September 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 181,63 TWh.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan indikasi pemulihan ekonomi terlihat dengan pertumbuhan konsumsi listrik di sektor industri yang mencapai 10,63 persen atau sebesar 58,04 TWh dan memiliki pangsa sebesar 30,91 persen dari total konsumsi listrik.

Baca di sini

KSP : Kelas menengah akan jadi penggerak ekonomi Papua

Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan menyampaikan manfaat ekonomi dari kegiatan masyarakat kelas menengah perlu dioptimalkan, karena menjadi motor penggerak ekonomi Papua.

Kita sering lupa kepada kelas ekonomi menengah. Padahal perputaran ekonomi terbesar ada di kelas menengah, kata Abetnego di Jayapura, Papua, dalam diskusi tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional, sebagaimana disampaikan melalui keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Baca di sini


Mendag G20 berkomitmen pulihkan ekonomi akibat pandemi COVID-19

Menteri Perdagangan (Mendag) negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19 yang dituangkan dalam pernyataan bersama para menteri sebagai hasil G20 Trade and Investment Ministers Meeting (TIMM) di Sorrento, Italia.

Krisis pandemi telah memberi kita pelajaran penting bahwa di bawah Presidensi Italia, para Menteri Perdagangan negara G20 mampu hadir dan sepakat untuk mengembalikan perdagangan sebagai mesin penggerak pemulihan ekonomi," kata Mendag M Lutfii sekaligus pemimpin Delegasi Indonesia dalam pertemuan lewat keterangannya diterima di Jakarta, Minggu.

Baca di sini
Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021