Menlu Malaysia berkunjung ke Indonesia

Menlu Malaysia berkunjung ke Indonesia

Arsip - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (kanan) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah (kiri) di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (23/7/2018). ANTARA/Galih Pradipta

Kuala Lumpur (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah akan mengadakan lawatan resmi ke Jakarta selama beberapa hari, dari Minggu hingga 20 Oktober 2021. 

Kunjungan tersebut merupakan yang pertama kalinya sejak ia dilantik sebagai menlu pada pada 30 Agustus 2021.

Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam pernyataannya di Putrajaya, Minggu, menyebutkan bahwa Menlu Saifuddin Abdullah akan didampingi staf dari Wisma Putra.

Saifuddin akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo dan mengadakan pembicaraan dengan mitranya, Menlu Retno L.P. Marsudi.  

Di Jakarta, Saifuddin juga dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan Sekjen ASEN Lim Jock Hoi, serta dengan Komite Perwakilan Tetap ASEAN.

Program-program lawatan yang lain termasuk sesi forum interaktif bersama Universitas Paramadina dan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), pertemuan dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN),  serta pertemuan dengan para pelajar dan diaspora Malaysia di Jakarta.

Menlu Malaysia juga akan membahas prakarsa kerja sama baru antara Malaysia dan Indonesia dalam fase pemulihan pascapandemi serta menyangkut upaya menangani tantangan regional dan internasional.

Lawatan tersebut dirancang dan dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan kedua negara terkait pencegahan COVID-19.

Baca juga: Rencana pemindahan ibu kota RI jadi bahasan parlemen Malaysia

 Baca juga: Indonesia-Malaysia bekerjasama lawan kampanye negatif terhadap sawit

 

Indonesia -  Malaysia berjuang lawan diskriminasi kelapa sawit

Pewarta : Agus Setiawan
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021