Kami menekankan  program pemberian subsidi bibit tebu unggul ini akan membantu petani untuk mendapatkan tebu berkualitas.
Surabaya (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X memberikan subsidi bibit tebu unggul kepada 385 petani dengan total 41.284 kuintal untuk membantu petani mendapatkan tebu berkualitas sesuai dengan kondisi lahan, dan mendorong peningkatan produktivitas kebun.

Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan Nusantara, Mahmudi di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, mengatakan, pemberian subsidi ini sebagai bentuk pelayanan prima kepada petani tebu.

Subsidi bibit yang diberikan mulai untuk petani di wilayah Pabrik Gula (PG) Kremboong Sidoarjo hingga PG Modjopanggoong Tulungagung.

"Kami menekankan  program pemberian subsidi bibit tebu unggul ini akan membantu petani untuk mendapatkan tebu berkualitas," kata Mahmudi, dalam siaran persnya.

Baca juga: PTPN IX berupaya wujudkan swasembada gula di Jateng

Program pemberian subsidi bibit tebu unggul, kata Mahmudi diberikan untuk tebu kategori PC Murni dan Bongkar Ratoon.

Pemberian subsidi bibit tebu unggul untuk PG Ngadiredjo sendiri sejumlah 17.173 kuintal, kepada 123 orang petani tebu binaan.

Mahmudi mengharapkan sinergi antara Holding Perkebunan Nusantara, PTPN X, dan petani tebu dapat terus berjalan dan bersama-sama mewujudkan swasembada gula nasional.

"Dengan program pemberian subsidi bibit tebu unggul, akan memudahkan petani dalam memperoleh bibit tebu, sehingga petani mendapatkan tebu berkualitas yang nantinya berujung pada peningkatan produktivitas kebun," tutur Mahmudi.

Baca juga: PTPN XI jalin sinergi Biofarma salurkan modal petani tebu Rp9 miliar

Sementara itu, Direktur PTPN X, Tuhu Bangun mengatakan, program pemberian subsidi bibit tebu unggul telah dilakukan sejak tahun 2018 dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan pada tahun-tahun mendatang.

Tahun 2020 lalu, kata dia, PTPN X juga memberikan subsidi bibit tebu unggul sejumlah 78.791 kuintal kepada 826 petani tebu binaan.

"PTPN X akan selalu berupaya memberikan pelayanan prima kepada petani, salah satunya melalui subsidi bibit tebu unggul ini. Harapannya, sinergi dan kemitraan antara PTPN X dengan petani akan terus terjalin dengan baik," kata Tuhu.

Selain program pemberian subsidi bibit tebu unggul, PTPN X juga melakukan beberapa inovasi dan program lainnya, meliputi Program P150T, Program Makmur, hingga program perbaikan drainase.

"Seluruh program tersebut merupakan wujud kepedulian Holding Perkebunan Nusantara dan PTPN X kepada petani tebu," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021