Menaker: Perluasan kesempatan kerja dilakukan di seluruh Indonesia

Menaker: Perluasan kesempatan kerja dilakukan di seluruh Indonesia

Menaker Ida Fauziyah di acara penyerahan bantuan tenaga kerja mandiri di Papua, Jumat. (15/11/2021). (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus bergerak untuk mendorong pemulihan dari dampak ekonomi termasuk melaksanakan program perluasan kesempatan kerja yang diselenggarakan di seluruh daerah di Indonesia.

"Intervensi yang dilakukan oleh Kemenaker adalah melaksanakan program perluasan kesempatan kerja yang dilaksanakan tidak hanya di Jawa. Program perluasan kesempatan kerja dilakukan dari Sabang sampai Marauke," ujar Menaker Ida Fauziyah di acara penyerahan bantuan tenaga kerja mandiri di Papua, yang dipantau secara virtual dari Jakarta pada Jumat.

Ida mengatakan bahwa program perluasan kesempatan kerja tersebut juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang berada di Papua dan Papua Barat untuk bersama-sama melakukan mitigasi dampak dari pandemi COVID-19.

Beberapa program perluasan kesempatan kerja itu adalah program tenaga kerja mandiri dan padat karya yang diharapkan dapat membantu langkah pemulihan ekonomi nasional. Dengan program itu, kata Ida, diharapkan dapat membantu terutama para pelaku UMKM di Papua.

Baca juga: Menaker Ida Fauziyah dukung pendirian BLK Manokwari Selatan

Baca juga: Menaker minta optimalkan transformasi BLK untuk tekan angka kemiskinan


"Pada akhirnya kita akan masuk kepada fase baru dengan kesiapsiagaan kita semua," kata Ida.

Ida juga memastikan pihaknya akan terus bekerja untuk berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat di Papua dan Papua Barat untuk menekan angka kemiskinan di dua provinsi tersebut, yang masuk dalam tujuh provinsi prioritas penanganan kemiskinan ekstrem.

Dalam kesempatan tersebut Manaker Ida menyerahkan bantuan kepada para pelaku usaha mikro dan ultra mikro (UMKM) yang berada di Kabupaten Jayapura untuk mendukung pemberdayaan wirausaha di Papua di tengah pandemi.*

Baca juga: Menaker: Banyak lulusan program pemagangan jadi pengusaha dan pekerja

Baca juga: Menaker buka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri di Samarinda
Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021