Wakil Presiden apresiasi Papua Barat jaga kerukunan umat beragama

Wakil Presiden apresiasi Papua Barat jaga kerukunan umat beragama

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma?ruf Amin saat mengunjungi Makodam Papua Barat, Jumat (15/10/2021). ANTARA/HO-Kodam XVIII/Kasuari/am.

Manokwari (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kepada Gubernur Papua Barat beserta jajaran yang telah menunjukkan komitmen dalam mewujudkan terciptanya kerukunan antarumat beragama.

“Gubernur Papua Barat telah menunjukkan bagaimana komitmen beliau menjaga hubungan antara agama Islam, Kristen dan agama-agama yang lain di Papua Barat,” kata dia dalam kunjungan kerja di Kantor MUI Provinsi Papua Barat di Manokwari, Jumat.

Dia mengatakan bahwa menjaga kerukunan umat beragama berarti menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita ingin menjaga NKRI dengan tetap menjaga kerukunan antarumat beragama karena kerukunan agama, kerukunan rakyat merupakan unsur utama dalam kerukunan nasional, dan kerukunan nasional merupakan prasyarat daripada kesuksesan yang kita inginkan,” katanya.

Baca juga: Wapres melakukan dialog keagamaan dengan ormas Papua Barat

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan bahwa salah satu cara yang harus diimplementasikan dalam mewujudkan cita-cita tersebut dengan menyampaikan ajaran agama atau menyampaikan pesan dari dan kepada masyarakat dengan cara yang santun.

Sebab, kata dia, ajaran santun diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW,

Dengan kesantunan tersebut, kata dia, maka narasi kerukunan dapat terbentuk dengan baik.

Oleh karena itu, ia meminta di dalam menjalankan dakwah supaya tetap menggunakan cara-cara yang baik dengan kalimat yang santun.

Selain itu, katanya, menjaga kerukunan antara masyarakat dengan pemerintah. Komitmen tersebut untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Wapres menginginkan Papua Barat dan Papua lebih maju
Baca juga: Wakil Presiden olahraga bersama Forkopimda Papua Barat
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021