Manokwari (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja di Manokwari, Jumat, menyambangi Markas Kodam XVIII/Kasuari dan memberikan apresiasi terhadap kebun wisata dan ketahanan pangan Kasuari Green Kodam XVIII/Kasuari.

Wapres beserta istri Hj Wury Estu Handayani Ma’ruf usai berjalan santai sepanjang 1,5 kilometer melanjutkan berkeliling Kompleks Makodam menggunakan mobil Jeep Rubicon yang dikemudikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Wapres juga didampingi Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan, Kapolda Papua Barat beserta istri, Kabinda Papua Barat, Kasdam XVIII/Kasuari, Komandan Lantamal XIV Sorong, Laksma TNI Imam Musani berserta pejabat tinggi lainnya.

Baca juga: Wapres meninjau Kodam XVIII Kasuari di Manokwari

Usai berkeliling melihat pemandangan sekitar Makodam, Wapres mengapresiasi kreativitas Kodam dalam menata dan memanfaatkan lingkungan.

“Saya merasa senang sekali melihat Kodam XVIII/Kasuari, pertama dari segi letak dan pemandangan ini sangat menyenangkan, memberikan semangat kita untuk bekerja dengan optimal,” ujarnya.

Menurutnya ini suatu bentuk penyiapan tempat yang luar biasa dimana ia melihat ada tempat ibadah yang lengkap baik itu Masjid, Gereja bahkan Pura.

“Ini melambangkan tentang kebhinnekaan dalam agama dan kerukunan umat agama,”ujarnya.

Wapres juga mengapresiasi adanya kebun percontohan untuk menanam berbagai jenis komoditi sayuran dan buah-buahan di lingkungan Kodam.

“Saya kira ini bisa menjadi sesuatu yang bisa dikembangkan untuk pembelajaran bagi masyarakat sehingga kita tidak perlu lagi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan kalau mungkin bisa untuk daerah lain,” katanya.

Baca juga: Wakil Presiden olahraga bersama Forkopimda Papua Barat

Saat melihat budidaya anggrek Wapres juga kagum terhadap langkah Kodam XVIII/Kasuari.

“Pengembangan anggrek ini bisa dijadikan model di berbagai Kodam begitu juga Polda lainnya dan tempat lain dan untuk di Papua Barat,”ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan dirinya melihat ini sebagai potensi dan dapat dikembangkan untuk menjadi ekspor.

“Ini agar terus dikembangkan, dikelola dengan baik dan dimanfaatkan untuk kemakmuran bangsa dan juga untuk kontribusi kita dalam membangun kesejahteraan umat manusia ditingkat global,” kata Wapres.

Ia juga mengajak untuk bersyukur kepada Tuhan karena melihat alam di Papua Barat yang indah dan sebagai anugerah bagi seluruh bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres berkesempatan menandatangani prasasti Kebun Wisata dan Ketahanan Pangan “Kasuari Green” Kodam XVIII/Kasuari dan dilanjutkan penanaman pohon bersama Ibu Wapres.

Baca juga: Wapres Ma'ruf kunjungi Papua dan hadiri penutupan PON Papua

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021