Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PPP Arwani Thomafi menyebutkan sebanyak 30 kader Partai Persatuan Pembangunan mulai 14-17 Oktober 2021 mendaki lima gunung di Indonesia dalam rangka meneladani spirit resolusi jihad yang diperingati sebagai Hari Santri.
 
Arwani Thomafi (Gus Arwani) dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, menyambut positif kegiatan pendakian gunung yang dilakukan 30 kader PPP di 5 gunung di Indonesia.

Kegiatan tersebut diharapkan menjadi momentum positif untuk meneladani spirit resolusi jihad pada 22 Oktober 1945.
 
"Pendakian gunung oleh kader PPP ini bukanlah naik gunung biasa, karena momentumnya berbarengan dengan peringatan resolusi jihad yang sejak tahun 2015 diperingati sebagai Hari Santri. Semoga spirit resolusi jihad dapat kita jalankan dengan istiqomah," kata Gus Arwani.

Baca juga: Fraksi PPP DPR minta aparat hukum jamin keamanan warga Yahukimo
 
Kegiatan yang bertajuk "Ekspedisi Pendakian Gunung Santri Ka’bah Menuju Puncak Kejayaan-Misi Santri untuk NKRI" merupakan bagian dari program kerja Lembaga Lingkungan dan Tanggap Bencana (Ligana) DPP PPP.
 
Gus Arwani mengatakan kegiatan pendakian gunung ini bagian dari ungkapan syukur kader PPP atas sejumlah kebijakan yang memberi penguatan terhadap santri dan pesantren.
 
"Pendakian gunung ini bagian dari tahadduts bin ni'mah (bersyukur atas nikmat Allah)," kata dia.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ligana yang juga Ketua Panitia Iip Miftahul Choiri menyebutkan terdapat lima gunung yang akan menjadi tujuan pendakian, yakni Gunung Slamet dan Gunung Lawu di Jawa Tengah, Gunung Gede di Jawa Barat, Gunung Luhur di Banten, dan yang tertinggi Gunung Kerinci di Jambi.

Baca juga: PPP tidak setuju usulan pemerintah terkait waktu Pemilu 2024
 
"Waktu pelaksanaan adalah 14-17 Oktober 2021, dengan diikuti oleh 30 orang pendaki yang dibagi menjadi 5 Tim atau 5 Gunung yang menjadi sasaran," kata anggota DPR RI dari Fraksi PPP tersebut.
 
Menurut Iip, kegiatan dimaksudkan untuk membangun kesadaran kolektif dan partisipasi aktif PPP sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, alam, dan masyarakat.

"Pesan yang ingin kita sampaikan kegiatan ini sebagai bentuk perhatian PPP terhadap lingkungan. Mendaki gunung bagian dari upaya harmoni antara manusia dengan alam," ujar Iip.

Baca juga: PPP instruksikan kader fokus lima sasaran

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021