Merauke (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah memberikan bonus secara spontan kepada peraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

"Bagi atlet-atlet yang sudah berhasil memperoleh medali, langsung diberi bonus berupa uang tunai," kata dia melalui keterangan tertulis di Padang, Kamis.

Mahyeldi beserta rombongan KONI Sumbar dan Dispora Sumbar pada Rabu (13/10) mendatangi mes atlet-atlet yang telah memperoleh medali di Kabupaten Jayapura, Papua.

Bonus tersebut merupakan bentuk apresiasi dari Gubernur Sumbar terhadap atlet-atlet Sumbar yang sudah berjuang demi menjaga nama baik "Tuah Sakato".

Baca juga: Karate kembali sumbang medali perak bagi Sumbar 

Untuk dua cabang olahraga yang masih berada di Kabupaten Jayapura, yakni Kempo dan Pencak Silat, Mahyeldi langsung memberikan bonus secara spontan.

Pada tahap ini, bonus spontan itu jumlahnya mencapai Rp8 juta untuk peraih emas, Rp3,5 juta untuk perak dan perunggu Rp2,5 juta.

Ia pun berpesan kepada atlet-atlet yang sudah berjuang di PON XX Papua namun belum bisa memperoleh medali agar tidak mudah putus asa.

Ia meminta agar atlet agar tetap berlatih dan berdoa agar di kesempatan berikutnya bisa mencetak prestasi yang jauh lebih baik.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh atlet yang ikut berjuang dalam memperebutkan medali di setiap cabang. Untuk itu, kepada atlet yang berprestasi, saya minta agar dapat mempertahankannya, dan berharap prestasi-prestasi lainnya dapat bermunculan,” ujar Mahyeldi.

Baca juga: Atlet angkat berat Situtu Lamdoras raih perunggu untuk Sumbar di PON 

Sementara bagi atlet lain yang belum mendapatkan medali, ia mengungkapkan jika itu bukan sebuah kegagalan, melainkan prestasi yang tertunda

"Kami berterima kepada pelatih dan pihak terkait dalam setiap cabang olahraga atas pembinaannya terhadap para atlet,” tambah Mahyeldi.

Lebih lanjut, ia juga berharap kehadirannya di Papua akan menambah pundi-pundi medali Sumatera Barat yang saat ini sudah mengoleksi 38 medali.

“Saat ini masih ada beberapa pertandingan lagi yang tersisa, saya harap koleksi medali kita bisa bertambah dan dengan kehadiran saya disini bisa menambah semangat para atlet yang bertanding,” ungkap Mahyeldi.

Hingga saat ini, Kamis (14/10), Sumbar telah mengumpulkan 8 medali emas 12 medali perak dan 18 medali perunggu. 

Baca juga: Kenshi Ari Pramanto raih emas pertama setelah ikuti tiga edisi PON 
Baca juga: Tingkat cedera atlet Sumbar di PON Papua 2021 disebut tertinggi 

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021