224 orang PMI dirawat di RSKI Pulau Galang karena positif COVID-19

224 orang PMI dirawat di RSKI Pulau Galang karena positif COVID-19

Kepala RSKI Pulau Galang Kolonel (CKM) Khairul Ihsan Nasution (ANTARA/ Naim)

Batam (ANTARA) - Sebanyak 224 orang Pekerja Migran Indonesia kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang Kota Batam Kepulauan Riau karena terkonfirmasi positif COVID-19.

"Data hari ini, sampai pukul 06.00 WIB, ada sebanyak 224 orang yang dirawat di RSKI. Semuanya adalah PMI," kata Kepala RSKI Pulau Galang Kolonel (CKM) Khairul Ihsan Nasution melalui sambungan telepon dari Batam, Rabu.

Menurut dia, seluruh PMI yang dirawat di sana dalam kondisi baik. Semuanya merupakan orang tanpa gejala.

Saat ini, pihaknya hanya merawat pasien PMI. Tidak ada warga Batam yang ditangani di sana, seiring dengan makin membaiknya penanganan dan menurunnya angka penularan COVID-19 di daerah setempat.

RSKI Pulau Galang saat ini juga tidak melayani warga negara asing yang terpapar COVID-19. "Biasanya WNA enggak mau di RSKI. Mereka dikarantina di hotel. Yang positif pun begitu, di hotel yang memang menerima," kata dia.

Baca juga: 192 pekerja migran dari Malaysia jalani karantina COVID-19 di Batam

Baca juga: RSKI Pulau Galang kini hanya layani PMI


Mengenai kondisi rumah sakit dan pelayanan di Pulau Galang, ia menyatakan erlatif tidak ada kendala. Meski hujan dan angin kencang terus melanda Batam dalam beberapa waktu terakhir, syukurnya tidak ada kejadian yang perlu dicemaskan.

Dalam kesempatan itu ia mengatakan, apabila ada PMI yang mengalami pemberatan dalam penyakitnya maka akan dirujuk ke rumah sakit di pulau utama Kota Batam untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

"Ada yang dirujuk ke rumah sakit lain, jumlahnya tidak banyak. Saat ini tidak ada PMI yang dirujuk ke rumah sakit lain," kata dia.

Sejak awal pandemi, pihaknya mencatat terdapat seorang PMI yang meninggal di RSKI. "Ada yang meninggal, asalnya dari Madura, dimakamkan di Batam," kata dia.

Pihaknya bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia telah menyerahkan semua barang milik PMI ke keluarganya.

Baca juga: KKP: 5-10 persen pekerja migran yang tiba di Batam positif COVID-19

Baca juga: 224 pekerja migran pulang dari Malaysia masih dikarantina di Batam
Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021