79 persen warga Kelurahan Cikoko sudah tervaksinasi COVID-19

79 persen warga Kelurahan Cikoko sudah tervaksinasi COVID-19

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno meninjau pelaksanaan pemberian vaksin pada anak di sentra vaksinasi COVID-19 khusus anak di Jakarta Barat, Selasa (3/8/2021). ANTARA/HO-kemenparekraf/am.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 79,88 persen warga di Kelurahan Cikoko, Pancoran Jakarta Selatan, sudah tervaksinasi COVID-19 dosis pertama.

"Capaian per hari ini, vaksinasi di Cikoko 79,88 persen dari target 10.547 jiwa," kata Lurah Kelurahan Cikoko Fitrianti saat dihubungi, di Jakarta, Selasa.

Fitrianti mengatakan, warganya yang belum menerima vaksinasi tersebut karena menderita komorbid (penyaki penyerta) dan masih ada yang selektif dengan jenis vaksin yang digunakan.

"Mereka itu penderita komorbid dan masih memilih jenis vaksin serta tidak tinggal di Cikoko," kata dia.

Dia melanjutkan bahwa, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengedukasi warga agar dapat mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Pedagang Pasar Cipete Utara diwajibkan tunjukkan sertifikat vaksin

Apalagi selama ini, lanjutnya, mayoritas warganya menginginkan vaksin jenis Sinovac agar mereka bisa mengikuti vaksinasi.

"Masyarakat masih menginginkan vaksin Sinovac dan pemahaman manfaat vaksinasi yang masih minim walaupun sudah sering disampaikan," kata dia.

Lebih lanjut dia menambahkan, untuk menarik minat warganya yang belum divaksinasi tersebut, pihaknya akan kembali menggelar vaksinasi dengan memberikan hadiah (doorprize) pada Sabtu pekan ini.

"Pekan ini kita menggelar vaksinasi pada Sabtu. Doorprize disiapkan dan vaksinnya Sinovac," kata dia.

Vaksinasi dengan pemberian doorprize (hadiah) nantinya hanya diperuntukkan bagi warga ber-KTP Cikoko dan khusus untuk peserta vaksinasi dosis satu.

Baca juga: Pencapaian vaksin dosis pertama Jakarta Barat sebesar 73,35 persen

Adapun sebelumnya, vaksinasi tersebut telah dilaksanakan pada 10 Agustus 2021.

Fitrianti mengatakan pemberian hadiah ini ditujukan untuk menjaring warganya yang masih enggan mengikuti vaksinasi.

"Hadiahnya berupa barang elektronik, kulkas, setrika, magicom, paket sembako dan kupon belanja Rp50 ribu dan Rp100 ribu," kata Fitrianti.
Pewarta : Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021