Jayapura (ANTARA) - Jumat, 7 Oktober 2021, ANTARA menyambangi Kampung Kameyakha, Distrik Ebunpauw, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Lumayan jauh jaraknya dari pusat kota Jayapura, sudah begitu tak ada jalur darat untuk mencapai sana, karena letaknya berada di tengah-tengah Danau Sentani.

Satu-satunya cara mencapai Kampung Kameyakha adalah dengan menggunakan perahu motor yang ada di Dermaga Yahim yang berjarak sekitar 10 km dari Sentani yang merupakan ibu kota Kabupaten Jayapura.

Dari kendaraan roda empat, perjalanan dilanjutkan dengan berperahu. Sepanjang melintasi Danau Sentani, kami memahami mengapa Papua disebut surga kecil yang jatuh ke bumi.

Hamparan danau seluas 9.360 hektar yang dikelilingi perbukitan hijau sungguh memanjakan mata. Betapa indah dan sulit untuk dilukiskan dengan kata-kata.

Tak terasa sekitar 25 menit sudah, kami pun tiba di sebuah dermaga kecil.

Senyum manis khas orang Papua menyambut hangat. Anak-anak kecil riang bermain di sebuah lapangan yang luasnya sekitar dua kali lapangan voli.

Langkah kaki kemudian mengantarkan ke lokasi yang dituju, sebuah rumah panggung berlapis kayu berwarna hijau menyala.

Baca juga: Papua boyong dua emas dari cabang dayung PON Papua
Rumah pedayung Indonesia, Stevani Maysche Ibo yang berwarna hijau di Kampung Kameyakha, Distrik Ebunpauw, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. (ANTARA/Muhammad Ramdan)


Sarat penghargaan ....

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021