Lokasinya sangat strategis, terlindung dari pulau, aman dari cuaca ekstrem.
Manado (ANTARA) - Tim survei lahan Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Tengah (ZMTh) melaksanakan survei dan peninjauan lahan untuk rencana pembangunan dermaga pangkalan kapal patroli Bakamla, di Desa Oluhuta, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Tim survei tersebut dipimpin Kepala Pangkalan Armada Keamanan Laut Bakamla Serei Kolonel Bakamla Asep Budiman yang bertindak sebagai ketua tim, didampingi Kepala Bidang Operasi (Kabidops) Bakamla ZMTh Kolonel Bakamla Tio Togap Pasaribu, dan Kepala Stasiun Pemantau Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Kema Letkol Bakamla Wahyuddin Makka serta Analis Kerja Sama Bakamla ZMTh Letkol Bakamla Ibnu Sina.

"Kunjungan tim survei diterima Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin," kata Kepala SPKKL Kema Letkol Bakamla Wahyudin Makka, di Manado, Jumat.

Ia menambahkan Bupati mengapresiasi kunjungan tim survei lahan Bakamla ZMTh, mengingat kegiatan tersebut sangat memberikan "multiplier effect" untuk Gorut nantinya.

“Kami sebagai pemerintah daerah menyambut baik pembangunannya, karena hal ini demi keamanan laut kita juga kan,” kata Makka mengutip disampaikan Bupati

Dia mengatakan Ketua Tim Kolonel Bakamla Asep Budiman menyampaikan bahwa lokasinya sangat strategis, terlindung dari pulau, aman dari cuaca ekstrem, terdapat jaringan listrik, komunikasi dan air bersih serta terdapat infrastruktur yang memadai.

Dengan keberadaan pangkalan dermaga tersebut, akan meningkatkan jangkauan dan cakupan wilayah operasional armada kapal patroli Bakamla, dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

Lokasi yang strategis itu nantinya akan mengurangi waktu reaksi armada patroli dalam menanggapi kejadian di laut dalam wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.
Baca juga: Badan Keamanan Laut akan bangun pangkalan di NTB
Baca juga: Bakamla akan bangun tujuh zona maritim

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021