Harga garam anjlok sekali hanya Rp500 per kilogram.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berdialog dengan petani garam Desa Rawaurip, Pangenan, di Cirebon, Jawa Barat, Jumat, untuk mendengarkan persoalan yang dialami petani garam di lapangan.

Sebagaimana siaran pers Kantor Staf Presiden (KSP) yang diterima di Jakarta, Jumat, pada kesempatan tersebut petani menyampaikan keluhan tentang harga garam yang anjlok.

"Harga garam anjlok sekali hanya Rp500 per kilogram. Kami mohon Pemerintah bisa segera menetapkan Harga Eceran Terendah (HET)," ujar salah satu petani garam di Desa Rawaurip bernama Ismail Marzuki kepada Moeldoko.

Menurutnya, selain anjloknya harga garam, petani juga kesulitan untuk menghasilkan garam dengan metode geomembran karena keterbatasan sumber daya.

"Satu gulung geomembran Rp5 juta. Untuk 1 hektare bisa membutuhkan 10-12 gulung geomembran. Petani akhirnya menggunakan plastik busa yang menghasilkan garam tidak maksimal," kata Ismail lagi.

Petani garam lain bernama Insyaf menambahkan, petani saat ini juga menghadapi ancaman abrasi pantai.

"Tahun lalu terjadi banjir rob dari utara dan selatan, petani gagal panen dan tidak memiliki penghasilan Pak," kata Insyaf.
Baca juga: Moeldoko: Perlu pembinaan petani untuk tekan kebutuhan impor garam


Menanggapi hal tersebut, Moeldoko mengatakan, Pemerintah sedang menyiapkan alternatif solusi untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi petani garam di lapangan, di antaranya soal kebijakan impor garam industri dan revitalisasi bibir pantai.

"Info dari kementerian terkait, soal kebijakan impor nanti akan langsung ke pengguna sehingga tidak bocor di pasaran. Sedangkan masalah abrasi, akan ada program revitalisasi bibir pantai utara," kata Moeldoko.

Kepada para petani, Moeldoko juga berjanji akan menyampaikan aspirasi petani garam kepada kementerian/lembaga terkait. Ia juga mengajak petani garam untuk tetap optimistis meski masih menghadapi beragam persoalan.

"Saya anak petani, saya tahu persis masalah petani. Kita harus optimis dan terus memproduksi garam dengan kualitas bagus, agar petani garam di sini sukses dan kaya-kaya," ujar Moeldoko.
Baca juga: Pemkot Surabaya-DKPP sinergi tingkatkan kualitas produksi garam petani
Baca juga: Asosiasi Petani Garam harapkan PPKM tak berlaku secara menyeluruh

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021