Timnas Prancis melaju ke final usai menang dramatis 3-2 atas Belgia

Timnas Prancis melaju ke final usai menang dramatis 3-2 atas Belgia

Penyerang timnas Prancis Karim Benzema (tengah) merayakan golnya dalam pertandingan lawan Belgia di semifinal UEFA Nations League di Allianz Stadium, Turin, Italia pada 8 Oktober 2021. ANTARA/REUTERS/MASSIMO PINCA

Jakarta (ANTARA) - Timnas Prancis melaju ke final UEFA Nations League usai menang dramatis 3-2 atas Belgia di Allianz Stadium, Turin pada Jumat dini hari WIB, demikian catatan laman resmi UEFA.

Les Blues sempat tertinggal dua gol di babak pertama sebelum akhirnya mampu membalikkan keadaan dan mencetak tiga gol di babak kedua.

Dua gol Belgia dicetak oleh Yannick Carrasco dan Romelu Lukaku. Sedangkan, tiga gol Prancis masing-masing disumbangkan oleh Karim Benzema, Kylian Mbappe dan Theo Hernandez.

Baca juga: Kalahkan Italia 2-1, Spanyol melaju ke final UEFA Nations League

Belgia membuka pertandingan dengan peluang emas pada menit ke-3, Kevin De Bruyne nyaris membawa Belgia unggul andai saja bola sepakan tidak bisa ditepis kiper Prancis Hugo Lloris.

Belgia memecah kebuntuan pada menit ke-37. Yannick Carrasco menusuk dari sisi kiri kotak penalti sebelum melepaskan tendangan rendah yang meluncur masuk ke gawang Prancis. Belgia unggul 1-0.

Empat menit berselang, Belgia menggandakan keunggulan. Romelu Lukaku menerima umpan dari Kevin De Bruyne, sebelum menembak bola dari sudut sempit yang gagal dibendung Lloris. Skor 2-0 untuk Belgia.

Tidak ada gol tambahan hingga turun minum.

Baca juga: Roberto Martinez akan lanjutkan jabatan pelatih timnas Belgia

Pada babak kedua, Prancis berusaha mengejar ketertinggalan dan membuahkan hasil pada menit ke-62.

Karim Benzema mendapat umpan dari Kylian Mbappe di kotak penalti. Dia kemudian mengecoh satu pemain Belgia sebelum melepaskan bola yang tidak bisa dihentikan Thibaut Courtois. Kedudukan 1-2 untuk Prancis.

Prancis memiliki kans emas untuk menyamakan kedudukan setelah mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-67. Youri Tielemans melanggar Antoine Griezmann di kotak terlarang dan wasit memutuskan untuk menunjuk titik putih usai melihat tayangan ulang VAR.

Mbappe, yang maju sebagai eksekutor, mengarahkan bola ke pojok kiri atas tanpa bisa ditepis Thibaut Courtois. Skor menjadi 2-2.

Lukaku sempat mencetak gol kedua pada menit ke-86. Penyerang Chelsea itu mendapat umpan silang dari Carrasco, sebelum sukses memasukkannya ke gawang.

Namun, VAR menganulir gol ketiga Belgia karena Lukaku dinilai sudah berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Carrasco. Kedudukan tetap 2-2.

Prancis melakukan comeback dramatis pada menit ke-90. Theo Hernandez menjadi pahlawan kemenangan timnya setelah melepaskan bola tembakan keras di kotak penalti yang meluncur masuk ke gawang Belgia. Skor 3-2 untuk Prancis bertahan hingga laga tuntas.

Prancis akan berhadapan dengan Spanyol di final UEFA Nations League 2021, yang digelar pada 10 Oktober di San Siro.

Baca juga: Thierry Henry akan tetap di Belgia hingga Piala Dunia 2022

Susunan Pemain:

Belgium (3-4-3): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen; Timothy Castagne (90' Michy Batshuayi), Axel Witsel, Youri Tielemans (70' Hans Vanaken), Yannick Carrasco; Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Eden Hazard (74' Leandro Trossard).

Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Lucas Hernandez; Benjamin Pavard (75' Leo Dubois), Paul Pogba, Adrien Rabiot (75' Aurelien Tchouameni), Theo Hernandez; Antoine Griezmann; Karim Benzema (90' Jordan Veretout), Kylian Mbappe.
Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021