Jangan lengah lagi, tetap instruksikan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah daerah yang wilayahnya mengalami kenaikan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk tidak lengah dalam menyikapi pandemi COVID-19.

"Jangan lengah lagi, tetap instruksikan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Dia juga mengharapkan pemerintah daerah dapat mengklasifikasikan indikator atau penyebab yang membuat level PPKM di wilayahnya mengalami kenaikan, untuk kemudian dicari solusi terbaik guna dilakukan perbaikan sebagai upaya lebih lanjut agar tidak sampai melonjak ke level yang lebih tinggi.

Baca juga: Jubir: Level PPKM tidak bisa turun jika vaksinasi belum capai target

Baca juga: Ketua DPD RI apresiasi Jatim turun level PPKM


Selain itu, menurut dia, pemerintah daerah harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi, dikarenakan jumlah masyarakat yang telah divaksinasi di suatu daerah merupakan indikator penentu status PPKM.

"Pemerintah daerah jangan lengah terhadap kondisi pandemi yang saat ini dinilai terus membaik, dengan tetap memperhatikan prokes dan menggencarkan testing, tracing, dan meningkatkan kualitas treatment terhadap pasien COVID-19," ucap dia.

Bamsoet juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada, dan tetap menjaga jarak serta tidak abai terhadap ketentuan-ketentuan di setiap tempat yang telah disesuaikan dengan kondisi dalam menghadapi pandemi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021