Wakil Ketua MPR: Kebersamaan di tengah pandemi harus diapresiasi

Wakil Ketua MPR: Kebersamaan di tengah pandemi harus diapresiasi

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (ANTARA/ I.C.Senjaya)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan perilaku toleransi dan kebersamaan di tengah pandemi COVID-19 harus memperoleh apresiasi karena mencerminkan nilai luhur bangsa Indonesia.

“Jika diperhatikan dengan saksama, ternyata selama pandemi COVID-19 melanda Indonesia, banyak sekali perilaku-perilaku dari sebagian besar masyarakat yang mencerminkan nilai luhur bangsa, seperti toleransi dan rasa kebersamaan,” kata Lestari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Rerie, sapaan akrab Lestari, menambahkan bahwa perilaku solidaritas masyarakat terlihat dari sekelompok warga yang menyediakan bahan makanan, sayuran, serta buah-buahan secara gratis untuk masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, juga terdapat kebiasaan di dalam masyarakat, ketika seseorang sedang melakukan isolasi mandiri, maka tetangganya akan membantu menyediakan keperluannya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI sebut PPKM harus tetap dilakukan

“Padahal, kelompok warga yang baik hati itu juga terkena dampak pandemi,” ucap dia.

Oleh karena itu, para warga yang masih menunjukkan solidaritas kepada sesamanya patut untuk diapresiasi dan diteladani oleh masyarakat Indonesia secara umum. Mereka, dalam hal ini warga yang menolong sesama, telah mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa, baik secara sadar maupun tanpa sadar.

“Fenomena ini yang kita harapkan terjadi dan meluas selama pandemi,” kata Rerie.

Lebih jauh, ia menegaskan bahwa nilai-nilai luhur bangsa sebenarnya sudah tertanam dalam diri dan menjadi karakter setiap anak bangsa. Nilai luhur tersebut berasal dari kearifan lokal dan diajarkan oleh para leluhur bangsa.

Baca juga: Wakil Ketua MPR minta evaluasi pelaksanaan PTM cegah klaster COVID-19

Generasi yang menerima ajaran tersebut kemudian mewariskan nilai luhur tersebut ke generasi di bawahnya hingga saat ini.

“Jadi ‘tak aneh, rakyat Indonesia akan mudah tergerak hatinya untuk membantu saat melihat saudara setanah airnya dalam kesulitan,” kata Rerie menambahkan.

Melihat pentingnya bangsa ini memegang teguh nilai-nilai luhur dalam menghadapi segala kesulitan yang dialami bangsa dan negara, Rerie mengajak seluruh elemen bangsa, mulai dari pemerintah dan rakyat, untuk lebih meningkatkan upaya bersama-sama, saling mendorong, dan saling mendukung dalam menghadapi pandemi.

“Kebersamaan tersebut terbukti menunjukkan hasil. Saat ini, kasus positif COVID-19 menunjukkan penurunan. Jika kondisi ini dipertahankan dan ditingkatkan lagi, saya yakin penurunan kasus akan terus berjalan sampai menghilang,” kata Rerie.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI gagas gerakan Serikat Rakyat Gotong Royong
Pewarta : Putu Indah Savitri
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021