Mensos menyatakan pemerintah pusat, daerah dan instansi terkait bekerja membantu meringankan beban masyarakat.
Luwu (ANTARA) - Menteri Sosial Risma Trimaharini mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Kominfo untuk melakukan perbaikan alur sungai dan jaringan telekomunikasi yang rusak akibat banjir dan longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Hal itu dikemukakan Mensos saat kunjungan kerja meninjau lokasi bencana di Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulsel, Rabu.

Di lokasi bencana, Mensos dan rombongan berkeliling dan melihat dari dekat prasarana yang rusak diterjang banjir dan longsor.

Menurut dia, dua hal itu perlu penanganan segera agar masyarakat dapat beraktivitas dengan normal kembali.

Pada kesempatan itu, Mensos juga meninjau dapur umum yang dikelola Tagana yang memasok makanan siap saji untuk penyintas bencana. Mensos juga menyambangi posko kesahatan, shelter logistik dan kebutuhan para korban.

Kepada masyarakat setempat, Mensos menyampaikan duka mendalam untuk korban meninggal dunia. Mensos memotivasi agar keluarga tabah dan ikhlas dalam menerima cobaan.

Mensos menyatakan, pemerintah pusat, daerah dan instansi terkait bekerja membantu meringankan beban masyarakat.

“Mudah-mudahan kondisi segera pulih, dan masyarakat bisa beraktivitas kembali,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Risma juga memberikan santunan kepada 4 ahli waris korban meninggal dunia akibat bencana yang terjadi pada Minggu (3/10), masing-masing sebesar Rp15 juta, sehingga totalnya Rp60 juta.

Kemensos telah hadir sejak bencana terjadi melalui Tagana, dengan menyalurkan bantuan. Dari Gudang Regional Makassar, disalurkan bantuan berupa makanan siap saji sebanyak 300 paket, makanan anak 600 paket, matras 200 lembar, selimut 200 lembar, family kids 200 paket, tenda gulung merah 200 paket, dan satu unit perahu karet. Nilai total bantuan ini Rp306.036.300.

Kemudian dari Gudang Dinsos Provinsi Sulsel berupa makanan anak 100 paket, makanan siap saji 181 paket, matras 50 paket, tenda gulung merah 70 lembar, selimut : 15 lembar, kasur 30 unit, peralatan dapur keluarga 15 paket, food ware 25 paket, family kit 100 paket, kids ware 50 paket. Dengan nilai bantuan Rp138.499.123.

Dari dua bantuan tersebut total bantuan yang disalurkan sebesar Rp504.535.423.
Baca juga: Mensos siap bantu kebutuhan masyarakat di Luwu Utara
Baca juga: Mensos berikan bantuan untuk masyarakat Luwu Utara
Baca juga: Kemensos segera salurkan santunan korban banjir bandang

 
Suasana kunjungan Mensos Risma Trimaharini di lokasi kejadian bencana banjir dan longsor di Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulsel pada Rabu (6/10/2021). ANTARA /HO/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021