Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengapresiasi langkah pemerintah dalam menangani dan mengontrol laju penularan COVID-19, sehingga berhasil menurunkan kasus positif dalam kurun waktu 8 pekan terakhir.

"Saya melihat hingga hari ini kasus penularan COVID-19 sudah dapat dikontrol pemerintah. Saya mengapresiasi berbagai bentuk upaya yang dilakukan mulai dari PPKM mikro, aksesibilitas vaksin yang mulai merata di seluruh wilayah Indonesia, serta berbagai kebijakan penunjang lainnya," kata Syarief dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, capaian yang dicapai saat ini merupakan hasil dari proses pembelajaran dan bagaimana yang paling penting adalah produk kebijakan yang dibuat pemerintah harus mengedepankan peran adaptif, dengan selalu berinovasi dan dapat melihat secara komprehensif permasalahan dari bawah.

Baca juga: Sri Mulyani pastikan jaga akuntabilitas keuangan dalam tangani COVID

Baca juga: Momentum perkembangan positif penanganan pandemi harus dijaga


Selain itu menurut dia, secara pelaksanaan selalu terbuka terhadap masukan sehingga yang paling penting adalah jangan mudah puas dan harus tetap tegas. Menurut dia, jika pemerintah tegas, maka masyarakat akan disiplin.

Sebelumnya, pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyatakan kasus positif COVID-19 dalam kurun waktu 8 pekan terakhir berhasil ditekan dan mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Satgas, kasus harian akibat COVID-19 turun hingga 1.404 kasus per-hari, terendah selama setahun ini. Angka Kematian harian akibat COVID-19 mencetak rekor terendah sepanjang tahun 2021 dengan angka 77 kasus.

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021