... negara berdaulat tidak terpisahkan oleh peran TNI yang ikhlas untuk menjaga kedaulatan selama 76 tahun, jadi sudah selayaknya kita semua mencintai TNI...
Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, mengatakan, atas peran besar TNI bagi bangsa Indonesia maka sudah selayaknya semua orang di negeri ini mencintai TNI.

"Kita negara berdaulat tidak terpisahkan oleh peran TNI yang ikhlas untuk menjaga kedaulatan selama 76 tahun, jadi sudah selayaknya kita semua mencintai TNI," kata dia, di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Pengabdian TNI dicintai rakyat

Menurut dia, roda pembangunan nasional dan daerah dapat berjalan berkat terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa dan TNI berperan besar juga dalam hal itu. "Kita harapkan sinergi TNI-Polri terus terjaga untuk mengawal bangsa ini semakin maju dan pastinya terbebas dari jeratan pandemi," ucapnya.

Sementara Komandan Korem 101/Antasari, Brigadir Jenderal TNI Firmansyah, mengatakan, perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI penjaga utama kedaulatan negara.

Baca juga: Pengamat UGM: TNI perlu perkuat pertahanan maritim

Apalagi kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya dalam operasi militer untuk perang tetapi juga terlibat langsung dalam operasi militer selain perang.

TNI senantiasa menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman yang mengganggu stabilitas keamanan nasional bersama Polri dan komponen bangsa lainnya.

Baca juga: Gubernur Gorontalo minta TNI jaga kekompakan

"Kami sigap membantu rakyat dalam menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini," kata dia.

Pewarta: Firman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021