Level kekuatan TNI itu masih lebih tinggi daripada Australia, Israel, dan Spanyol.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi kebanggaan Indonesia karena merupakan garda depan yang menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita harus bangga memiliki prajurit-prajurit yang tangguh dan selalu siap sedia menjaga keamanan dan ketenteraman negara kita tercinta," kata Muhaimin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selama ini, lanjut dia, kekuatan militer Indonesia mendapat pengakuan baik oleh berbagai negara di dunia.

Merujuk pada data Global Fire Power (GFP), kekuatan militer Indonesia berada di peringkat 16 dari 140 negara.

Indeks kekuatan TNI berada di level 0,2684 atau berada di bawah Jerman (0,2519) dan di atas Arab Saudi (0,3231). Level kekuatan TNI itu masih lebih tinggi daripada Australia, Israel, dan Spanyol.

"Indonesia bahkan menjadi negara dengan kekuatan militer terkuat di kawasan Asia Tenggara," kata Muhaimin.

Kekuatan militer tersebut diukur berdasarkan jumlah sumber daya manusia (SDM), angkatan udara, angkatan darat, dan angkatan laut; serta sumber daya alam (SDA), logistik, keuangan, dan geografi.

Pada tahun 2021, Indonesia tercatat memiliki 800.000 personel militer yang terdiri atas 400.000 militer aktif dan sisanya cadangan.

Dari sisi SDA, kapasitas produksi minyak tanah air mencapai 800.000 barel per hari dengan nilai cadangan mencapai 3,2 miliar barel.

Selanjutnya, dari sisi alutsista, TNI Angkatan Darat memiliki 331 tank, 1.430 kendaraan tempur lapis baja, 153 artileri swagerak, 366 artileri tarik, dan 63 peluncur roket.

Dari mantra laut, TNI AL memiliki tujuh kapal fregat, 24 kapal korvet, lima kapal selam, 179 kapal patroli, dan 10 kapal penyapu ranjau.

Sementara itu, kekuatan pertahanan udaranya terdiri atas pesawat tempur, pesawat serang darat, pesawat angkut, pesawat latih, pesawat intai dan misi khusus, helikopter, dan helikopter tempur.

Di tingkat domestik, TNI juga mendapat pengakuan terbaik dari masyarakat karena merupakan lembaga yang paling disegani di Indonesia.

"Kita patut berbangga dengan kekuatan militer kita. Kedaulatan negara ini ada di tangan TNI sebagai ujung tombak terdepan," ujarnya.

Oleh karena itu, Muhaimin mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mendukung kinerja TNI.

DPR juga akan selalu mendukung peningkatan kinerja TNI, antara lain dari sisi anggaran untuk melakukan peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Baca juga: Pengemudi ojol matikan aplikasi demi berswafoto di pameran alutsista

Baca juga: Wapres: HUT TNI momentum raih kemenangan lawan pandemi COVID-19


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021