UI dinilai unggul pada bidang ilmu klinikal dan kesehatan

UI dinilai unggul pada bidang ilmu klinikal dan kesehatan

Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro. ANTARA/Feru Lantara/am

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mendapat pengakuan sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada bidang ilmu klinikal dan kesehatan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE).

THE merilis THE World University Rankings (WUR) by Subject 2022 untuk 3 bidang ilmu yaitu: Life Sciences, Physical Sciences dan Clinical and Health melalui laman https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/by-subject.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangan tertulisnya di Depok, Selasa, menyatakan pencapaian tersebut adalah hasil akumulasi kerja sama semua elemen di UI yang terus berkontribusi dan bersinergi memberikan sumbangsih menuju UI yang lebih prestisius, bertransformasi menjadi entrepreneurial university dan smart campus.

Baca juga: Psikolog UI bilang berbelanja bisa menjadi sarana "self care"

"UI memiliki banyak keunggulan, dan salah satunya dalam menyelenggarakan program pendidikan berbagai rumpun ilmu yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat bidang ilmu tersebut," katanya.

Ia mengatakan kolaborasi berbagai ragam keilmuan yang tersedia di Kampus UI itu diharapkan dapat menghasilkan pengembangan ilmu, dan berbagai inovasi kreatif yang bermanfaat bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Setiap program studi yang diselenggarakan UI, baik program pendidikan vokasi, sarjana, maupun pascasarjana, mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

Pemeringkatan tersebut menempatkan UI peringkat 1 di Indonesia dan peringkat 401–500 di dunia pada bidang Clinical and Health dengan rentang skor 31.3-34.3/100.

Baca juga: UI siap berikan kemajuan ekosistem industri kesehatan

UI unggul pada seluruh indikator penilaian dengan skor 30.2 pada teaching, 20.4 pada research, 35.3 pada citations, 66.5 pada international outlook, dan 56.4 pada industry income dibandingkan universitas lain di Indonesia.

Pada bidang Life Sciences, UI menempati peringkat 801+ dengan rentang skor 17.8-24.9/100, di mana UI unggul di Indonesia pada indikator teaching dengan skor 25.5 dan international outlook dengan skor 47.5.

Lebih lanjut, pada bidang Physical Sciences UI berada di peringkat 801–1000 dengan rentang skor 17.8-24.9/100, di mana UI unggul di Indonesia pada indikator industry income dengan skor 98.5, dan international outlook dengan skor 40.6.

THE WUR by Subject 2022 menggunakan indikator kinerja yang sama dengan THE WUR 2022 yang telah dikalibrasi untuk menyesuaikan setiap bidang.

Baca juga: Vaksin bisa mengeliminasi penyakit hingga 90 persen

THE WUR by Subject 2022 melakukan penilaian pemeringkatan berdasarkan lima indikator, yaitu: Industry Income (2,5 persen), International Outlook (7,5 persen), Teaching (27,5 persen), Research (27,5 persen), dan Citations (35 persen).

Dalam menentukan pemeringkatan ini, pada bidang Physical Sciences mencakup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (selain Biology & Geography), dan Sekolah Ilmu Lingkungan.

Disiplin ilmu yang tercakup adalah mathematics and statistics, physics and astronomy, chemistry, geology, environmental sciences, & earth and marine sciences. Tahun ini terdapat peningkatan universitas yang masuk ke dalam pemeringkatan dari 1149 di tahun 2021 menjadi 1227 di tahun 2022.

Baca juga: Fasilkom UI tawarkan perkuliahan daring untuk masyarakat melalui MOOC

Selain itu, pada bidang Clinical & Health mencakup Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Farmasi. Disiplin ilmu yang tercakup adalah medicine and dentistry, and other health. Terdapat peningkatan universitas yang masuk ke dalam pemeringkatan dari 856 di tahun 2021 menjadi 925 di tahun 2022.

UI menduduki peringkat teratas di Indonesia berdasarkan THE World University Rankings 2022, dan berada dalam kelompok peringkat 801-1000 dunia dengan overall score 27.2-31.9. UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam kelompok tersebut.

Sebanyak 1662 perguruan tinggi di 99 negara di dunia, masuk ke dalam Pemeringkatan THE World University Rankings 2022.

Baca juga: UMI Makassar koordinasi dengan Satgas COVID-19 bahas wisuda 2021
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021