Nilai juang pahlawan jadi semangat melawan pandemi

Nilai juang pahlawan jadi semangat melawan pandemi

Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah saat memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 TNI. (ANTARA/Firman)

Banjarbaru (ANTARA) - Komandan Korem 101/Antasari, Brigadir Jenderal TNI Firmansyah, mengatakan, nilai juang pahlawan sejatinya harus jadi semangat generasi kini untuk melawan pandemi Covid-19.

"Peperangan melawan pandemi ini harus kita menangkan berbekal nilai-nilai perjuangan yang telah dicontohkan oleh para pahlawan yang telah gugur membela Tanah Air," ucap dia, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin.

Hal itu dia katakan saat ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 TNI pada 2021. Menurut dia, pandemi dapat diakhiri jika semua bersama-sama ikut berjuang.

"Kalau pahlawan dulu perangnya angkat senjata, sekarang kita cukup disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker dan sebagainya," kata dia.
Komandan Korem 101/Antasari, Brigadir Jenderal TNI Firmansyah, saat memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 TNI. ANTARA/Firman

Sebagaimana tema HUT ke-76 TNI yaitu "Bersatu, berjuang, kita pasti menang", dia menyatakan, saatnya seluruh rakyat Indonesia bersatu tanpa memandang latar belakang suku, agama dan lainnya demi membebaskan bangsa ini dari jeratan pandemi.

Kondisi penurunan kasus Covid-19 saat ini, kata dia, harus disyukuri namun tidak serta-merta membuat semuanya lengah apalagi sampai mengabaikan prokes.

Begitu juga vaksinasi, harus terus digalakkan agar terwujud kekebalan komunitas di tengah masyarakat sehingga penularan Covid-19 dapat ditekan.

Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan itu dihadiri tiga angkatan TNI. Selain Firmansyah, ada juga Komandan Pangkalan TNI AU Sjamsudin Noor, Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago, dan Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbiyantoko.
Pewarta : Firman
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021