Gubernur Jambi: MTQ ke-50 proses dari pandemi menuju endemi COVID-19

Gubernur Jambi: MTQ ke-50 proses dari pandemi menuju endemi COVID-19

Gubernur Jambi Al Haris bersama seluruh bupati dan wali kota se-Provinsi Jambi pada pembukaan MTQ ke 50 tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ahad (3/9/2021). Gubernur menyatakan pelaksanaan MTQ di Jambi proses dari pandemi menuju endemi COVID-19. (FOTO ANTARA/Muhamad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris menyatakan bahwa pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-50 tahun 2021 tingkat provinsi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan proses dari pandemi COVID-19 menuju endemi COVID-19.

"Pelaksanaan MTQ ke-50 tahun ini menunjukkan Jambi sedang menuju endemi COVID-19," katanya saat membuka MTQ ke 50 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ahad.

Ia menjelaskan pelaksanaan MTQ ke-50 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan sangat ketat. Seluruh kafilah dari 11 kabupaten dan kota sudah di tes usap PCR untuk memastikan kafilah dalam keadaan baik dan sehat.

Melalui pelaksanaan MTQ itu, kata dia, Pemerintah Provinsi Jambi mencoba untuk membiasakan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan lebih disiplin.

Selain itu, katanya, pelaksanaan MTQ di Kabupaten Tanjung Barat diharapkan dapat merangsang pertumbuhan perekonomian masyarakat, terutama di sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dengan pelaksanaan MTQ geliat UMKM mulai tumbuh positif, usaha rumah makan, restoran dan pariwisata mulai menunjukkan pertumbuhan positif," katanya.

Gubernur berharap dengan terselenggara-nya MTQ ke-50 kegiatan-kegiatan dan perayaan-perayaan besar lainnya yang menjadi agenda pemerintah daerah dapat kembali terselenggara.

"Namun dengan syarat seluruh pihak yang terlibat sudah di vaksin COVID-19 dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat," kata Al Haris.

Sementara itu Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat menargetkan Kabupaten Tanjung Barat sukses dalam menyelenggarakan MTQ, sukses dalam menerapkan protokol kesehatan dan sukses dalam prestasi.

"Harapannya seluruh kafilah dan pendamping dari sebelas kabupaten dan kota di Jambi dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan selama MTQ dilaksanakan dan masyarakat dapat mendukung penerapan protokol kesehatan COVID-19," kata Anwar Sadat.

Ia menjelaskan banyak rangkaian kegiatan pelaksanaan MTQ yang ditiadakan untuk mendukung penerapan protokol kesehatan. Mulai dari pawai taaruf, bazar dan pameran. Selain itu pembukaan MTQ yang biasanya dilaksanakan pada malam hari dilaksanakan pada siang hari.

Seluruh rangkaian kegiatan MTQ, katanya, dilaksanakan pada siang hari di mana MTQ ke-50 tingkat Provinsi Jambi tersebut dilaksanakan dari tanggal 3-8 Oktober 2021.

"Seluruh kafilah dan pendamping dari 11 kabupaten/kota setibanya di Kuala Tungkal dilakukan tes usap antigen untuk memastikan kafilah dan pendamping dalam keadaan baik dan sehat," demikian Anwar Sadat.

Baca juga: Tanjung Jabung Barat-Jambi perketat aturan jam malam cegah COVID-19

Baca juga: Kota Jambi jadi tuan rumah MTQ ke-43

Baca juga: Dari jalur hafidz Quran, Universitas Jambi terima enam mahasiswa

Baca juga: Jeruk siam dan keprok berkembang di lahan pasang surut Tanjung Jabung Barat
Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021