Jayapura (ANTARA) - Warga Jayapura, Papua sangat antusias menyaksikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan pantauan, ribuan masyarakat menyaksikan pembukaan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu malam.

Kendati mereka menyaksikan pembukaan dari luar stadion kebanggaan masyarakat Papua itu, tetap tak beranjak hingga berakhirnya acara.

"Kami sangat bangga pembukaan PON Papua berlangsung meriah. Ini luar biasa," kata Samuel warga Sentani Jayapura.

Apalagi, lanjut dia, secara keseluruhan acara berlangsung sangat meriah dan spektakuler terutama saat pesta kambing.

Baca juga: Pesta kembang api akhiri upacara pembukaan PON Papua

"Pesta kembang apinya sangat spektakuler membuat suasana menjadi tambah meriah. Kami sangat bangga dan terharu pembukaan PON berlangsung semarak," jelasnya.

Ia mengaku tak dapat memasuki kompleks stadion karena terhalang persyaratan yang harus dimiliki untuk memasuki kawasan Stadion Lukas Enembe.

Namun demikian, ia mengaku senang dapat menyaksikan pembukaan PON kendati masuk ke kompleks stadion.

Hal yang sama diutarakan Yoris warga Papua lainnya mengatakan sangat senang dapat hadir di kawasan Stadion Lukas Enembe untuk menyaksikan pembukaan PON.

Baca juga: Ganjar: Pembukaan PON Papua, wow dahsyat!

"Pembukaan PON sangat meriah. Apalagi saat ada tembakan kembang api," tambahnya.

Ia mengaku senang dan bahagia Provinsi Papua jadi tuan rumah PON XX kendati masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Yoris berharap PON Papua tak hanya sukses dalam penyelenggaraan tetapi juga prestasi terutama untuk kontingen tuan rumah.

Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan mengungkapkan kebanggaannya kepada Papua.

"Perasaan saya dan perasasan saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON Keduapuluh, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," kata Presiden Jokowi di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu malam.

Presiden Jokowi yang mengenakan jaket PON Papua menyapa penonton di stadion dalam bahasa setempat "Huwe foi (selamat malam), onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga".

Baca juga: Presiden Jokowi resmi buka PON Papua
Baca juga: Gubernur Lukas Enembe janjikan banyak tawa dan senyum selama PON Papua






 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021