Jakarta (ANTARA) - Kepala Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Sub Satgas Prokes) Kabupaten Mimika Asep Supriatna memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan di arena pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang dihelat di Kabupaten Mimika, Papua.

Asep menyampaikan bahwa giat harian di wilayahnya mencakup beberapa aktivitas, seperti pengecekan kesiapan prokes di lokasi pertandingan aeromodelling, billiard, terjun payung, dan atletik.

Baca juga: BNPB pastikan PON XX Papua aman dari lonjakan kasus COVID-19

"Masyarakat ramai dan sangat antusias mengunjungi gerai tersebut untuk mendapatkan masker yang dibagikan secara gratis oleh para relawan protokol kesehatan," ucap Asep dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Rencananya, pada Jumat (1/10), kata Asep, Subsatgas Prokes Kabupaten Mimika mendistribusikan masker di empat lokasi  pertandingan sebanyak 5.000 masker dan mengoperasikan dua unit mobil masker di sekitar lokasi terbang layang sebanyak 4.000 masker.

Sementara itu para relawan pada Kamis (30/9) membagikan masker sebanyak 11.000 buah melalui program Gerai Masker dan Mobil Masker.

Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan wilayah Mimika menyatakan hampir semua tempat penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga yang ada di wilayah ini sudah dilengkapi dengan sarana cuci tangan, bangku yang sudah diberi jarak, dan tribun dimaksimalkan hanya boleh diisi 25 persen dari total kapasitas penonton.

Baca juga: Ganip pastikan prokes di lokasi pertandingan PON Papua optimal

Baca juga: Api PON Papua lintasi Danau Sentani dan Kampung Adat Jayapura


Program Mobil Masker dikhususkan untuk menjangkau setiap lokasi pertandingan maupun warga yang berada di sekitarnya. Total masker yang dibagikan sejak hari pertama 26 September 2021 hingga kemarin (Selasa, 30/9) sebanyak 49.820 buah.

Sub Satgas Prokes akan terus memantau dan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta mendorong Panitia Besar PON untuk melengkapi sarana prasarana yang belum optimal, seperti ketersediaan air, sabun cuci tangan dan hand sanitizer.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021