komitmen pemerintah dalam mendukung keberlanjutan dan kelancaran usaha energi di wilayah Kaltara,
Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) menerima penghargaan pada ajang Gatra Apresiasi Energi (GAE) 2021 yang diterima oleh Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP secara virtual di Tanjung Selor, Kamis.

“Penghargaan ini diberikan kepada Pemprov Kaltara, karena komitmen pemerintah dalam mendukung keberlanjutan dan kelancaran usaha energi di wilayah Kaltara,” kata Yansen.

Dia mengatakan apresiasi tersebut menjadi motivasi bagi pemerintah dalam meningkatkan kepercayaan kepada dunia usaha khususnya energi di Kaltara,.serta meningkatkan kinerja inovasi energi dan kontribusi dalam mewujudkan kestabilan energi berkelanjutan di Kaltara.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan pandemi memberikan dampak yang besar bagi perekonomian nasional.

Karena itu, Pemerintah berfokus pada penanganan pemulihan ekonomi nasional ke arah ekonomi hijau yang inklusif.

“Arah kebijakannya yaitu sisi energi yang kondusif dan ramah lingkungan. Arahan tersebut sudah dituangkan dalam RPJMN untuk membangun energi yang ramah lingkungan,” kata Arifin.

Arifin menyebut contoh dengan menggunakan kompor listrik dan kendaraan listrik, dengan harapan dapat mengurangi emisi, yang saat ini membebani devisa nasional. Targetnya pada tahun 2040 Indonesia sudah mengembangkan energi ramah lingkungan.
Baca juga: Menkeu: RI butuh 5,7 miliar dolar AS per tahun danai transisi energi
Baca juga: Bahlil tegaskan komitmen RI bangun investasi berbasis energi hijau

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021