BNPB upayakan percepatan vaksinasi untuk kelancaran PON XX

BNPB upayakan percepatan vaksinasi untuk kelancaran PON XX

Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin kepada warga ditengah pelaksaan PON Papua di halaman Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/YU.

Papua (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus mengupayakan percepatan vaksinasi COVID-19 untuk kelancaran pesta olahraga empat tahunan di Provinsi Papua yakni Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Dalam rangka menyambut PON XX penguatan protokol kesehatan terus dilakukan di antaranya pembagian masker dan percepatan vaksinasi," kata Kepala BNPB Ganip Warsito mengutip dari laman resmi InfoPublik di Papua, Kamis.

Ganip Warsito yang juga bertugas sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengatakan pemerintah terus mengupayakan percepatan vaksinasi demi kelancaran kegiatan pesta olahraga terbesar tingkat nasional itu.

Baca juga: Cakupan vaksinasi di daerah penyelenggara PON XX sudah 60 persen lebih

Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Kesehatan hingga Selasa (28/9), empat kabupaten dan kota tempat beberapa venue PON XX, persentase vaksinasi dosis pertama sudah di atas 50 persen.

Rinciannya yakni untuk Kabupaten Jayapura suntikan dosis pertama 58 persen dan dosis kedua 36 persen, Kota Jayapura dosis pertama 65 persen, dosis kedua 39 persen. Selanjutnya, Kabupaten Mimika dosis pertama 61 persen dan dosis kedua 42 persen.

Terakhir, untuk Kabupaten Merauke dosis pertama sudah mencapai 70 persen dan dosis kedua 44 persen.

Baca juga: Panglima TNI tegaskan percepatan vaksinasi syarat menjadi "venue" PON
Baca juga: Polri berangkatkan 100 resimen vaksinator ke PON XX Papua

Meskipun vaksinasi dosis pertama sudah di atas 50 persen, namun BNPB mengimbau pemangku kepentingan agar selalu mengajak masyarakat menerapkan disiplin protokol kesehatan.

"Saya minta seluruh masyarakat untuk selalu taat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan," ujar Ganip.

Terakhir, kata dia, Provinsi Papua sudah memenuhi syarat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 44 Tahun 2021 mengenai syarat dalam penyelenggaraan kegiatan besar.

Dalam aturan tersebut di antaranya vaksinasi minimal sudah mencapai 50 persen di empat kabupaten dan kota penyelenggaraan PON XX.

Baca juga: Polri percepat vaksinasi di Mimika jelang PON XX Papua 

 

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua 

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021