Singapura (ANTARA) - Bank investasi dan perusahaan induk jasa keuangan multinasional Inggris HSBC Holdings serta perusahaan investasi milik negara Singapura Temasek bekerja sama mendirikan platform pembiayaan utang untuk proyek infrastruktur berkelanjutan, dengan fokus awal di Asia Tenggara.

Kedua perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama pada Kamis bahwa mereka akan menginvestasikan jumlah gabungan hingga 150 juta dolar AS ekuitas untuk mendanai pinjaman pada fase awal. Platform yang berbasis di Singapura ini bertujuan untuk mengalokasikan lebih dari 1 miliar dolar AS pinjaman dalam waktu lima tahun.

“Platform ini akan menargetkan energi dan penyimpanan terbarukan, pengolahan air dan limbah serta transportasi berkelanjutan untuk membantu memenuhi target pengurangan karbon dan membangun ketahanan guna mengimbangi dampak perubahan iklim,” kata perusahaan.

Noel Quinn, kepala eksekutif grup HSBC, mengatakan kemitraan itu "bertujuan untuk mengatasi beberapa hambatan terbesar guna membiayai infrastruktur berkelanjutan di tempat yang paling dibutuhkan."

Secara global, pemerintah, perusahaan, dan investor mengambil langkah mengembangkan rencana pendanaan iklim untuk mendanai transisi ke ekonomi rendah karbon.

Sekitar 2 triliun dolar AS dalam investasi infrastruktur diperlukan selama dekade berikutnya untuk memungkinkan transisi berkelanjutan di Asia Tenggara, sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Bain & Company, Microsoft dan Temasek mengatakan pada Rabu (29/9/2021).

HSBC dan Temasek mengatakan Bank Pembangunan Asia (ADB) akan menawarkan bantuan teknis dan bantuan lainnya untuk platform tersebut, sementara Clifford Capital Holdings, platform distribusi dan pembiayaan spesialis yang berbasis di Singapura untuk aset infrastruktur, akan membantu dengan keahlian keuangan proyek.

“Pendanaan publik saja tidak akan mencakup skala mitigasi dan transisi perubahan iklim yang diperlukan di seluruh Asia Tenggara,” kata Dilhan Pillay, CEO Temasek International. “Dengan menggabungkan kekuatan, kami dapat mengkatalisasi modal kami, melipatgandakan dampak, dan meningkatkan untuk memenuhi peluang.”


Baca juga: BlackRock, HSBC, UBS, pembeli terbesar obligasi China Evergrande

Baca juga: HSBC dan ADB kerja sama pembiayaan vaksin senilai 300 juta dolar

Baca juga: Singapura rayu pencatatan ekuitas dengan paket pendanaan dan insentif

Baca juga: Tanoto Foundation dan Temasek Foundation donasi bersama penanganan COVID-19

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021