Panglima TNI dan Kapolri pastikan PON Papua berlangsung aman

Panglima TNI dan Kapolri pastikan PON Papua berlangsung aman

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengecek kesiapan pengamanan PON XX Papua, di Papua, Rabu (29/9/2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memastikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berlangsung aman dan membuktikan masyarakat Papua mampu menjadi tuan rumah kegiatan nasional.

"Keamanan yang dimaksud terkait dengan pengamanan arena dan seluruh jalannya pertandingan, pengamanan tamu VVIP saat pembukaan dan penutupan, pengamanan atlet dan kontingen, pengamanan penonton serta pengamanan masyarakat," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam keterangan tertulis Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Hadi saat memimpin rapat kesiapan pengamanan PON XX di Jayapura, Papua, Rabu. Dalam rapat itu, Panglima TNI juga didampingi Kapolri Listyo Sigit dan jajaran pengendalian operasi di Papua.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri yang dibantu Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, menurut Hadi, harus memperkuat komunikasi, koordinasi dan kolaborasi terkait pengamanan PON XX Papua karena penyelenggaraan itu melibatkan ribuan orang dan berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu, saya menekankan agar petugas mampu mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang paling mungkin terjadi, sampai sekecil apa pun," kata Hadi menyusul pembukaan PON XX Papua akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pembukaan PON Papua, lanjut Hadi, akan menjadi perhatian nasional, bahkan internasional menyusul apresiasi dunia terhadap keberhasilan Indonesia menekan pandemi Covid-19.

Panglima TNI juga menyampaikan pendekatan pihak keamanan terkait potensi ancaman dan gangguan harus mempertimbangkan situasi, kondisi, budaya dan kearifan lokal masing-masing daerah.

Sementara, Kapolri Listyo Sigit memastikan pengamanan yang dilakukan oleh personel TNI-Polri berjalan baik karena aparat sudah bersiaga di tempat-tempat yang telah ditentukan guna menjamin keamanan pesta olahraga dalam negeri itu.

Kapolri menegaskan pihak keamanan, baik TNI dan Polri, secara bertahap akan menerjunkan sedikitnya 11 ribu pasukan keamanan di arena PON Papua.

"Tentunya, kami harapkan kehadiran personel pengamanan yang sudah masuk dari mulai ring 1 sampai 4 diharapkan seluruh kegiatan pengaman PON berjalan aman, lancar dan baik," ujar Kapolri.

Baca juga: Menkominfo: Penyelenggaraan PON Papua berada di zona aman
Baca juga: TNI jamin keamanan jelang acara pembukaan PON Papua
Baca juga: Mahfud harapkan pelaksanaan PON di Papua berjalan aman
Pewarta : Imam Santoso
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021