Timika (ANTARA) - Tim Futsal Provinsi Jawa Timur (Jatim) memastikan tiket ke babak semifinal cabang olahraga futsal PON XX Papua setelah pada babak penyisihan terakhir Grup B pada Rabu petang mengalahkan Tim Jawa Barat (Jabar) dengan skor ketat 4-3 bertempat si GOR Futsal Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5 Timika.

Menghadapi Tim Jabar yang merupakan peraih medali emas PON IX 2016, Tim Jatim mengawali pertandingan dengan cukup hati-hati.

Tim Jabar yang memuncaki Grup B dengan poin 9 beberapa kali mengancam gawang Tim Jatim yang dikawal Akhmal Trijayanto.

Keasikan menyerang, justru Tim Jatim unggul terlebih dahulu melalui sepakan keras Faishal Ammar pada menit ke-10.

Setelah gol tersebut tensi pertandingan makin memanas. Wasit yang memimpin pertandingan memberikan kartu merah kepada pemain Jabar Muhammad Rizky Xavier.

Hal itu sontak menimbulkan protes keras dari ofisial Tim Jabar, sehingga pertandingan sempat dihentikan beberpa saat.

Unggul jumlah pemain membuat Tim Jatim semakin menekan pertahanan Tim Jabar dan Singgih Rimana Jati kembali menjebol gawang M Nasrulloh untuk kedua kalinya.

Tim Jabar akhirnya mampu menciptakan gol balasan melalui tendangan mendatar Firman Adriansyah pada menit ke-18.

Selepas itu, Tim Jatim tiga kali mendapat pinalti, namun semuanya gagal menjebol gawang Tim Jabar.

Hingga babak pertama berakhir, Tim Jatim unggul 2-1 atas Tim Jabar.

Memasuki babak kedua, Tim Jabar langsung menekan pertahanan Tim Jatim. Pada menit ke-25, Tim Jabar berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui kaki Muhammad Fajriyan.

Tidak lama kemudian, Tim Jatim kembali mendapatkan hadiah pintalti setelah seorang pemainnya dilanggar pemain Jabar di area pinalti.

Januardy Ramadhani yang dipercayakan menjadi algojo pinalti Jatim berhasil menjebol gawang Tim Jabar untuk menambah keunggulan menjadi 3-2.

Keunggulan Tim Jatim tak bertahan lama setelah pada menit ke-35 berhasil disamakan lagi Tim Jabar menjadi 3-3 akibat gol bunuh diri salah saru pemain Jatim.

Namun nasib baik rupanya berpihak pada Tim Jatim. Pada menit ke-36, Jatim kembali mendapat hadiah pinalti untuk kelima kalinya dan berhasil dimanfaatkan oleh Januardy untuk menambah keunggulan menjadi 4-3.

Hingga pertandingan berakhir, Tim Jatim unggul dengan skor tipis 4-3.
Ratusan pendukung Tim Futsal Jatim hadir di GOR Futsal Kabupaten Mimika untuk dukungan kepada Tim Futsal Jatim yang menghadapi Tim Futsal Jawa Barat, Rabu (29/9/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)

Kemenangan Tim Jatim disambut penuh sukacita oleh ratusan pendukung fanatiknya yang di sepanjang pertandingan berlangsung terus menyemangati tim kesayangannya dengan nyanyian dan sorakan dibarengi dengan bunyi drum.

Dengan hasil pertandingan itu, Tim Jatim lolos ke babak semifinal futsal PON XX Papua sebagai runner up Grup B mendampingi Tim Jabar sebagai juara grup.

Tim Jabar mengumpulkan 9 poin, disusul Jatim dengan 8 poin. Adapun Tim Sulsel yang hanya mengslemas 7 poin sudah dipastikan tersisih.

Di babak semifinal yang akan berlangsung Jumat (1/10), Tim Jabar akan menghadapi Tim Nusa Tenggara Barat sebagai runner up Grup A, sementara juara Grup A yaitu Tim Papua akan menghadapi Tim Jatim sebagai runner up Grup B.


Baca juga: Tim Futsal Sulsel buka peluang ke semifinal
Baca juga: Tim Futsal Papua tembus semi final

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021