Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barcelona Ronald Koeman mengatakan bahwa dia tidak ingin langsung menurunkan Ansu Fati sebagai starter saat timnya bertandang ke Benfica dalam pertandingan Grup E Liga Champions pada pada Kamis dini hari WIB.

Barca sendiri memulai Liga Champions musim 2021-22 dengan kekalahan 0-3 di kandang oleh Bayern Muenchen.

Klub Katalunya tersebut kemudian ditahan imbang oleh Granada dan Cadiz di Liga Spanyol sebelum akhirnya tampil impresif kala mengalahkan Levante 3-0 di kandang pada Minggu (26/9).

Laga melawan Levante menjadi ajang comeback Fati setelah absen karena cedera lutut sejak November tahun lalu. Penyerang berusia 18 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti sebelum mencetak gol di pertandingan tersebut.

Kembalinya Fati telah menjadi harapan bagi Barcelona di awal musim ini setelah kepergian Lionel Messi.

Baca juga: Bayern Muenchen tekuk Barcelona 3-0, Robert Lewandowski cetak brace
Baca juga: Ansu Fati cetak gol saat Barcelona kalahkan Levante 3-0

Namun, Koeman mengatakan bahwa dia tidak ingin tergesa-gesa untuk menjadikan Fati, yang mewarisi nomor punggung 10 Messi, sebagai starter melawan Benfica.

"Dia sangat lelah kemarin, absen begitu lama dan kemudian mencetak gol dengan keluarganya menyaksikan di stadion memiliki dampak besar pada emosinya," kata Koeman dalam konferensi pers, yang dikutip Reuters pada Selasa.

"Hari ini dia telah berlatih dengan baik dan kami akan mencoba memberinya lebih banyak waktu bermain, tetapi saya tidak bisa mengatakan berapa menit yang akan kami berikan untuknya, itu tergantung pada kondisinya."

Fati juga bisa dipanggil ke dalam skuad timnas Spanyol untuk turnamen final UEFA Nations League pada Oktober.

"Yang bisa saya katakan adalah dia telah absen selama 10 bulan, dia berlatih selama dua pekan dengan tim dan bermain selama 15 menit," kata Koeman.

Baca juga: Ronald Koeman: Barcelona sedang masa transisi, mohon bersabar
Baca juga: Ronald Koeman minta suporter Barcelona untuk realistis


"Perjalanannya masih panjang meski hari Minggu adalah hari yang menyenangkan baginya, dia bermain selama 15 menit dan mencetak gol ketiga kami, itu sempurna."

Benfica sebelumnya bermain imbang 0-0 dalam pertandingan pembukaan Grup E mereka di Liga Champions melawan Dynamo Kyiv.

Bayern Muenchen difavoritkan memuncaki grup E, dengan begitu saingan terberat Barcelona untuk melaju ke fase selanjutnya adalah Benfica.

"Benfica adalah klub besar, saya tahu dari pengalaman seberapa besar mereka. Ini pertandingan yang menarik dan kami membutuhkan hasil yang bagus," kata Koeman, yang pernah melatih tim Portugal tersebut di periode 2005-2006.

Gelandang asal Belanda, Frenkie de Jong dipastikan akan kembali bermain setelah absen dalam pertandingan lawan Levante karena skorsing.

Baca juga: Pochettino berharap Messi bisa tampil lawan Manchester City
Baca juga: Ancelotti puji dua darah mudanya, Rodrygo dan Camavinga
Baca juga: Klopp sebut Origi contoh betapa mudahnya orang lupa dalam sepak bola

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021