Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi informasi (IT) PT Global Sukses Solusi Tbk (GSS) menggandeng PT Jababeka Tbk melalui anak usahanya PT Jababeka Infrastruktur untuk menerapkan transformasi digitalisasi secara terintegrasi di wilayah Kawasan Industri Jababeka.

Direktur Utama PT Global Sukses Solusi Tbk Sony Rachmadi Purnomo mengatakan, dengan menggandeng Jababeka selaku pengelola kawasan, GSS berharap dapat memberikan manfaat dan performa yang lebih baik bagi ribuan tenant di Kawasan Industri Jababeka.

"Langkah ini merupakan awal untuk dapat membantu industri di Indonesia khususnya di Kawasan Industri Jababeka, untuk lebih siap bersaing di era digital dan industry 4.0. Sesuai dengan visi perusahaan yang ingin memberikan perubahan dan membantu berbagai sektor industri tanpa harus menunggu besar untuk bisa mengimplementasikan Enterprise Resource Planning atau ERP di perusahaannya," ujar Sony dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Di sisi lain, Sony optimis kolaborasi tersebut juga dapat memberikan peluang strategis bagi kedua belah pihak dalam menyasar pasar domestik maupun mancanegara.

Pihak Jababeka pun merespon positif kolaborasi tersebut. Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur Tjahjadi Rahardja mengatakan, pihaknya selaku pengelola memang sedang mempersiapkan kawasan tersebut untuk menyongsong era industri 4.0.

"Tujuan kerjasama ini adalah untuk memperkenalkan system ERP kepada tenant-tenant kita di Kawasan Industri Jababeka ini. Seperti yang kita ketahui bahwa proses digitalisasi di dunia sudah tidak bisa dihindari. Ke depannya, dalam hal kompetisi, banyak hal yang diperlukan salah satu solusinya adalah sebuah system ERP yang saat ini ditawarkan oleh RUN System. Kami memilih RUN System, karena RUN System adalah produk Indonesia sehingga mereka dapat memberikan dukungan yang lebih baik karena basisnya semua ada di Indonesia," ujar Tjahjadi.

PT Jababeka Tbk adalah pengembang kota mandiri di Indonesia dan PT Jababeka Infrastruktur merupakan salah satu anak perusahaannya yang memiliki inti bisnis mengembangkan kawasan industri yang didukung dan ditingkatkan dengan infrastruktur dan jasa manajemen kota.

Kota Jababeka Cikarang merupakan contoh keberhasilan dari PT Jababeka Infrastruktur dalam mengembangkan kawasan industri di mana mulanya Kota Jababeka Cikarang merupakan sebuah kawasan industri yang kini berhasil bertransformasi menjadi kota mandiri modern terlengkap di Indonesia dan setara dengan kota-kota mandiri dunia.

Kota Jababeka Cikarang kini menjadi destinasi unggulan bagi para pelaku bisnis dari berbagi negara di mana telah bergabung lebih dari 2.000 perusahaan nasional dan multinasional dari lebih 30 negara dan telah memperkerjakan lebih dari 730 ribu tenaga kerja.

Pasca penandatangan surat perjanjian kerja sama, pihak Jababeka dan GSS akan mulai membantu ribuan tenant industry yang berlokasi di kawasan tersebut untuk melakukan digital transformation business process dengan penerapan RUN System ERP.

Dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi RUN System ERP untuk meningkatkan pemahaman baik business benefit dan operational benefit yang bisa didapatkan terhadap ribuan tenant di kawasan tersebut.

Tjahjadi berharap semua tenant di kawasan tersebut, bahkan untuk UKM sekalipun, sudah dapat mengenal ERP dan manfaat yang didapat jika sistem tersebut diterapkan di perusahaan sehingga misi Jababeka untuk membantu semua tenant mencapai industry 4.0 dapat segera terlaksana.

Baca juga: Bank Jago resmikan Unit Usaha Syariah perluas pasar
Baca juga: Makin kuat pascamerger Indosat-H3I, analis rekomendasikan saham ISAT
Baca juga: IPTV investasi 40 juta dolar di Migo Indonesia bidik 100 juta penduduk

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021