Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie belum mampu menyumbangkan poin kemenangan untuk Indonesia atas tim Kanada pada laga penyisihan kedua grup C Piala Sudirman 2021.

Dalam pertandingan yang berlangsung Senin malam WIB, Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, takluk menghadapi Brian Yang dalam tiga gim dengan skor 21-9, 20-22, 18-21.

Brian tampil menyerang pada awal gim pertama. Ia merebut poin-poin pembuka. Jojo mampu menyaingi, namun perlawanannya tidak cukup kuat. Brian pun mendominasi hingga mencapai angka 9-9.

Baca juga: Ester gagal amankan poin kedua untuk skuad Garuda

Setelah kedudukan imbang itu, Jojo seketika bangkit. Ia mengubah pola permainannya sehingga membingungkan lawannya. Ia bermain dengan tempo yang lebih cepat, dengan bola-bola pendek.

Jojo berbalik memimpin dan terus melaju hingga memetik kemenangan 21-9 di akhir gim pertama.

Masuk gim kedua, Brian kembali tampil menyerang. Namun kali ini perlawanannya lebih gigih. Jojo pun tampak kewalahan menghadapi gempurannya.

Mereka berdua saling berbagi angka sepanjang permainan. Kali ini kekuatan mereka seimbang. Namun selepas kedudukan 19-19, Jojo kalah cepat mengamankan poin-poin penentu, dan Brian memenangkan gim kedua 22-20.

Baca juga: Fajar/Rian akui masih beradaptasi dengan lapangan

Pada gim penentu, baik Jojo maupun Brian sama-sama bermain agresif. Jojo sempat memimpin di awal, namun serangannya kemudian mampu dipatahkan oleh Brian.

Usai imbang 6-6, lawannya berbalik unggul dan terus mendominasi hingga akhir permainan. Jojo mencoba mengejar, namun ia banyak membuat kesalahan yang kerap menguntungkan lawannya.

Kondisi itu terus berlangsung sampai akhirnya Brian menutup laga tersebut dengan keunggulan 21-18.

Dengan hasil tersebut, maka kedudukan sementara Indonesia saat ini kalah 1-2 atas tim Kanada.

Sebelumnya, tim Merah Putih unggul 1-0 lewat ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil memetik kemenangan straight game atas BR Sankeerth/Nyl Yakura dengan skor 21-16, 21-10.

Baca juga: Marcus/Kevin bertekad bawa pulang Piala Sudirman kembali ke Indonesia

Namun sayangnya, nasib berbeda dialami oleh tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo yang mengalami kekalahan rubber game 24-22, 8-21, 18-21 atas Rachel Chan.

Setelah Jojo, masih ada dua wakil Merah Putih yang akan bertanding, yaitu ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Greysia/Polii akan berhadapan dengan Rachel Chan/Catherine Choi, sementara Rinov/Pitha bertarung melawan BR Sankeerth/Crystal Lai.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021