Wagub pimpin kontingen terakhir Maluku menuju Papua

Wagub pimpin kontingen terakhir Maluku menuju Papua

Wakil Gubernur Maluku Barnabas N. Orno bersama 30 anggota kontingen PON Maluku berangkat dari bandara Internasional Pattimura Ambon, menuju Jayapura, Senin (27/9). (ANTARA/Jimmy Ayal)

Ambon (ANTARA) - Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno memimpin keberangkatan terakhir kontingen Maluku, pada Senin, menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

Wagub Barnabas bersama pimpinan KONI Maluku serta 30 orang atlet dan pelatih dari tiga cabang olahraga merupakan kloter terakhir kontingen dari Maluku.

Atlet dan pelatih yang berangkat bersama wakil gubernur itu berasal dari cabang tinju, kempo, dan karate. Mereka akan menginap di Makassar dan akan melanjutkan penerbangan ke Timika dan Jayapura, pada Selasa (28/9).

Selain rombongan atlet dan pelatih bersama wakil gubernur itu, sejumlah atlet dan pelatih kontingen Maluku dari cabang atletik juga diberangkatkan dari Jakarta menuju Jayapura.

Wagub Barnabas berharap kehadirannya bersama para atlet dan pelatih dapat memacu semangat para duta olahraga daerah itu untuk bertarung meraih prestasi dalam ajang multi-cabang olahraga itu.

Namun, dia mengingatkan para atlet untuk menjaga diri, menjunjung sportivitas dan menghormati adat istiadat masyarakat setempat, serta membangun persaudaraan sejati bersama atlet dari daerah lain.

Para atlet diingatkan untuk tetap berdisiplin dan mendengarkan arahan pelatih, serta fokus menghadapi setiap pertandingan sesuai jadwal.

Baca juga: Tim anggar Maluku matangkan strategi jelang PON Papua

"Kurangi komunikasi maupun aktivitas yang tidak perlu dan dapat mengganggu konsentrasi. Serta patuh terhadap perintah dan instruksi pelatih," demikian imbauan Wagub Barbanas kepada para atlet.

Wagub mengaku akan memantau dan mengikuti perkembangan atlet masing-masing cabang olahraga yang bertanding dan mengevaluasi hasil pertandinga itu bersama pimpinan KONI Maluku.

Kontingen Maluku mengikutsertakan 42 atlet yang didampingi 26 pelatih. Mereka akan turun dalam 14 cabang olahraga, dengan 49 nomor pertandingan di PON Papua.

Cabang olahraga yang akan diikuti kontingen Maluku yakni anggar (tiga atlet), atletik (tujuh atlet), bermotor (tiga atlet), catur (satu atlet), dayung (delapan atlet), karate (tiga atlet), kempo (satu atlet), muaythai (enam atlet), panjang tebing (satu atlet), selam (satu atlet), taekwondo (satu atlet), tinju (empat atlet) dan wushu (dua atlet).

Kendati hanya mengikuti 14 cabang PON XX, kontingen Maluku menargetkan peringkat ke-20 dari 33 provinsi yang berlaga di PON Papua.

PON Papua yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan 681 nomor pertandingan.

Baca juga: Petinju Maluku matangkan persiapan jelang PON Papua
Pewarta : Jimmy Ayal
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021