Presiden Joko Widodo telah melaksanakan kewajiban konstitusionalnya dan tetap menjunjung tinggi prinsip bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman menekankan Presiden Joko Widodo tetap menjunjung tinggi prinsip keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi, dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Presiden Joko Widodo telah melaksanakan kewajiban konstitusionalnya dan tetap menjunjung tinggi prinsip bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," tegas Fadjroel dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin.

Fadjroel mengatakan hampir dua tahun terakhir Presiden Joko Widodo bekerja keras menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman pandemi COVID-19 di bidang kesehatan, sosial dan ekonomi.

Baca juga: Presiden Jokowi gembira masyarakat antusias bantu percepatan vaksinasi

Dia menekankan kebijakan Presiden Joko Widodo bertumpu pada aspirasi rakyat, sains, good governance, demokrasi dan konstitusi. Oleh karenanya, presiden menciptakan strategi yang sesuai atau kontekstual dengan kondisi sosial Indonesia yaitu pendekatan keseimbangan kesehatan dan ekonomi melalui praktik "gas dan rem".

Menurutnya, kondisi Indonesia saat ini telah membuktikan bahwa kebijakan Presiden Joko Widodo berhasil mengatasi pandemi dibandingkan negara-negara lain. Indonesia menjadi salah satu negara terbaik di dunia dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Keberhasilan ini merupakan buah dari upaya Presiden Joko Widodo memperkuat pemerintahan secara kolektif kelembagaan, bergotong-royong dalam penanganan pandemi. Selain menunjukkan kepemimpinan sebagai governing President," jelasnya.

Dia menyampaikan rilis survei dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan ikhtiar Presiden Joko Widodo pada penguatan kinerja pemerintahan berhasil baik. Berdasar survei, 81,5 persen masyarakat puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani pandemi melalui protokol kesehatan dan 77,6 persen masyarakat menilai pemerintah tegas melalui kebijakan protokol kesehatan.

Dia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo terus membangun kinerja kelembagaan pemerintahan sebagai kunci kesuksesan penanganan pandemi COVID-19. Adapun beberapa kekurangan seperti yang ditunjukkan oleh survei tersebut menjadi evaluasi untuk perbaikan ke depan.

"Presiden Joko Widodo sejak awal telah menyatakan bahwa, 'Asal untuk rakyat, asal untuk negara, Saya pertaruhkan reputasi politik Saya'. Pengorbanan Presiden Joko Widodo terkait reputasi politik telah menunjukkan hasil yang sekarang dinikmati seluruh rakyat Indonesia, di mana penularan pandemi COVID-19 bisa dikendalikan dan aktivitas sosial serta ekonomi masyarakat kembali bangkit, produktif dan tumbuh melalui disiplin protokol kesehatan," jelas Fadjroel.

Baca juga: Presiden Joko Widodo lepasliarkan 1.500 ekor tukik di Pantai Kemiren Cilacap
Baca juga: Fadjroel: Kritik adalah jantung kemajuan demokrasi
Baca juga: Fadjroel : Gotong-royong kunci sukses PPKM Level 4

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021